Peran Guru dalam Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Siswa Kelas 1 di SDN Karawaci Baru 4 Kota Tangerang

Authors

  • Nia Hidayatul Maula Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Asih Rosnaningsih Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Sumiyani Sumiyani Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6260

Abstract

Peran sekolah dan orang tua sangat penting dalam mendukung kegiatan anak  untuk meningkatkan kebiasaan membaca. Meningkatkan kebiasaan membaca, cara paling strategis untuk membentuk kebiasaan membaca Siswa di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkan kebiasaan membaca siswa kelas 1 di SDN Karawaci Baru 4 Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi , wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan kelima peran guru dapat disimpulkan bahwa dua peran sudah dijalankan dengan baik yaitu peran guru sebagai motivator dan peran guru sebagai fasilitator. Sementara tiga peran belum dapat dijalankan secara optimal yaitu peran guru sebagai inovator, peran guru sebagai inspirator dan peran guru sebagai mediator. Peran guru sebagai motivator dan fasilitator dinilai sudah baik karena terbukti guru memberikan dorongan verbal berupa kata – kata penyemangat bagi Siswa, mengingatkan pentingnya membaca, memberikan tambahan nilai bagi Siswa, adanya sudut baca yang disediakan bagi Siswa, kebebasan dalam meminjam buku di perpustakaan, pembiasaan kegiatan membaca 15 menit sebelum proses KBM, serta memberikan teknik membaca yang baik.  Hal tersebut berbanding terbalik dengan peran guru sebagai inovator, inspirator dan mediator yang masih kurang dalam membantu siswa menumbuhkan kebiasaan membaca Siswa.

Downloads

Published

2022-08-23

How to Cite

Maula, N. H. ., Rosnaningsih, . A., & Sumiyani, S. (2022). Peran Guru dalam Menumbuhkan Kebiasaan Membaca Siswa Kelas 1 di SDN Karawaci Baru 4 Kota Tangerang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4934–4941. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6260

Most read articles by the same author(s)