Hubungan Antara Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Menulis Teks Narasi Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6665Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kebiasaan membaca siswa kelas V di SDN Patramanggala II. 2) hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis teks narasi pada siswa kelas V di SDN Patramanggala II. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN Patramanggala II. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kebiasaan membaca siswa kelas V di SDN Patramanggala II masih dalam kategori kurang dikarenakan masih sedikit siswa yang sadar akan pentingnya membaca. 2). Hasil kebiasaan membaca berhubungan dengan hasil kemampuan menulis teks narasi siswa. Hasil kebiasaan membaca menunjukkan kebiasaan membaca masih dalam kategori kurang, begitupula hasil kemampuan menulis teks narasi siswa kelas V yang juga menunjukkan masih berada pada kategori kurang. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis teks narasi.Downloads
Published
2022-09-08
How to Cite
Mahromiyati, M. ., Fadhillah, D. ., & Sumiyani, S. (2022). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Menulis Teks Narasi Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 664–667. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6665
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mia Mahromiyati, Dilla Fadhillah, Sumiyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).