Hubungan Antara Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Menulis Teks Narasi Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Mia Mahromiyati Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dilla Fadhillah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Sumiyani Sumiyani Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6665

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kebiasaan membaca siswa kelas V di SDN Patramanggala II. 2) hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis teks narasi pada siswa kelas V di SDN Patramanggala II. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN Patramanggala II. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kebiasaan membaca siswa kelas V di SDN Patramanggala II masih dalam kategori kurang dikarenakan masih sedikit siswa yang sadar akan pentingnya membaca. 2). Hasil kebiasaan membaca berhubungan dengan hasil kemampuan menulis teks narasi siswa. Hasil kebiasaan membaca menunjukkan kebiasaan membaca masih dalam kategori kurang, begitupula hasil kemampuan menulis teks narasi siswa kelas V yang juga menunjukkan masih berada pada kategori kurang. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis teks narasi.

Downloads

Published

2022-09-08

How to Cite

Mahromiyati, M. ., Fadhillah, D. ., & Sumiyani, S. (2022). Hubungan Antara Kebiasaan Membaca dengan Kemampuan Menulis Teks Narasi Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 664–667. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6665

Most read articles by the same author(s)