Analisis Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Pada Siswa Kelas IV di SDN Duri Kosambi 06 Pagi Kota Jakarta Barat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6622Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis siswa kelas IV di SDN Duri Kosambi 06 Pagi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN di SDN Duri Kosambi -6 Pagi. Dalam penelitian ini, teknik yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis dilihat dari indikator keterampilan menulis teks deskriptif yang terdiri dari kesesuaian dengan tema, ketepatan isi dalam paragraf, ketepatan isi dengan judul, ketepatan susunan kalimat dan ketepatan penggunaan ejaan. Dilihat dari beberapa indikatornya menunjukan bahwa hanya ada 3 siswa yang memiliki katagori sangat baik, katagori baik sebanyak 17 siswa, katagori cukup sebanyak 10 siswa, katagori kurang baik sebanyak 0 siswa, dan katagori siswa kurang baik sekali sebanyak 0 siswa. Dengan hasil tes penelitian di atas, maka tingkat keterampilan menulis teks deskriptif siswa kelas IV di SDN Duri Kosambi 06 Pagi, termasuk ke dalam katagori baik.Downloads
Published
2022-09-06
How to Cite
Syariah, E. N. ., Fadhillah, D., & Sumiyani, S. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Pada Siswa Kelas IV di SDN Duri Kosambi 06 Pagi Kota Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 417–420. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6622
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Eva Nur Syariah, Dilla Fadhillah, Sumiyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).