Analisis Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Pada Siswa Kelas IV di SDN Duri Kosambi 06 Pagi Kota Jakarta Barat

Authors

  • Eva Nur Syariah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dilla Fadhillah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Sumiyani Sumiyani Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6622

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis siswa kelas IV di SDN Duri Kosambi 06 Pagi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN di SDN Duri Kosambi -6 Pagi. Dalam penelitian ini, teknik yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis dilihat dari indikator keterampilan menulis teks deskriptif yang terdiri dari kesesuaian dengan tema, ketepatan isi dalam paragraf, ketepatan isi dengan judul, ketepatan susunan kalimat dan ketepatan penggunaan ejaan. Dilihat dari beberapa indikatornya menunjukan bahwa hanya ada 3 siswa yang memiliki katagori sangat baik, katagori baik sebanyak 17 siswa, katagori cukup sebanyak 10 siswa, katagori kurang baik sebanyak 0 siswa, dan katagori siswa kurang baik sekali sebanyak 0 siswa. Dengan hasil tes penelitian di atas, maka tingkat keterampilan menulis teks deskriptif siswa kelas IV di SDN Duri Kosambi 06 Pagi, termasuk ke dalam katagori baik.

Downloads

Published

2022-09-06

How to Cite

Syariah, E. N. ., Fadhillah, D., & Sumiyani, S. (2022). Analisis Keterampilan Menulis Teks Deskriptif Pada Siswa Kelas IV di SDN Duri Kosambi 06 Pagi Kota Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 417–420. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6622

Most read articles by the same author(s)