Analisis Kesulitan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Duri Kosambi 06 Pagi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6753Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek yang menjadi kesulitan siswa kelas V SDN Duri Kosambi 06 Pagi dalam menulis karangan narasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Duri Kosambi 06 Pagi. Dalam penelitian ini, teknik yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan kesulitan menulis yang dilihat dari indikator menulis karangan narasi yang terdiri dari kesesuaian dengan tema, kesesuaian dengan alur, kesesuaian dengan latar, kesesuaian dengan tokoh, dan kesesuaian dengan amanat. Dilihat dari beberapa indikatornya masih ada 1,4% siswa yang belum sesuai atau kesulitan dalam menentukan amanat yang sesuai dengan isi cerita yang telah dituliskannya, selanjutnya masih ada 2% siswa yang masih belum sesuai atau kesulitan dalam menulis karangan narasi yang sesuai dengan tema yang ditentukan, dan yang terakhir masih ada 2,3% siswa yang belum sesuai dengan alur cerita yaitu kurangnya penulisan keterangan hari, tanggal dan tahun untuk lebih memperjelas alur cerita. Dengan hasil tes penelitian di atas, maka masih ada beberapa siswa yang kesulitan dalam menulis karangan narasi yang sesuai dengan kriteria indikator.Downloads
Published
2022-09-11
How to Cite
Nurkamilah, . S. ., Fadhillah, D. ., & Sumiyani, S. (2022). Analisis Kesulitan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Duri Kosambi 06 Pagi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1202–1205. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6753
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Silvi Nurkamilah, Dilla Fadhillah, Sumiyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).