Analisis Kesulitan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Duri Kosambi 06 Pagi

Authors

  • Silvi Nurkamilah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dilla Fadhillah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Sumiyani Sumiyani Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6753

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek yang menjadi kesulitan siswa kelas V SDN Duri Kosambi 06 Pagi dalam menulis karangan narasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Duri Kosambi 06 Pagi. Dalam penelitian ini, teknik yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan kesulitan menulis yang dilihat dari indikator menulis karangan narasi yang terdiri dari kesesuaian dengan tema, kesesuaian dengan alur, kesesuaian dengan latar, kesesuaian dengan tokoh, dan kesesuaian dengan amanat. Dilihat dari beberapa indikatornya masih ada 1,4% siswa yang belum sesuai atau kesulitan dalam menentukan amanat yang sesuai dengan isi cerita yang telah dituliskannya, selanjutnya masih ada 2% siswa yang masih belum sesuai atau kesulitan dalam menulis karangan narasi yang sesuai dengan tema yang ditentukan, dan yang terakhir masih ada 2,3% siswa yang belum sesuai dengan alur cerita yaitu kurangnya penulisan keterangan hari, tanggal dan tahun untuk lebih memperjelas alur cerita. Dengan hasil tes penelitian di atas, maka masih ada beberapa siswa yang kesulitan dalam menulis karangan narasi yang sesuai dengan kriteria indikator.

Downloads

Published

2022-09-11

How to Cite

Nurkamilah, . S. ., Fadhillah, D. ., & Sumiyani, S. (2022). Analisis Kesulitan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Duri Kosambi 06 Pagi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1202–1205. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6753

Most read articles by the same author(s)