Analisis Faktor Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SDN Keroncong Mas Permai Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6569Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dimaksudkan untuk mengkaji dan menganalisis data secara objektif sesuai data yang ditemukan di lapangan. Kemudian data yang terkumpul dari hasil penelitian di deskripsikan dalam bentuk kata-kata. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas I dan siswa kelas I di SDN Keroncong Mas Permai. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obervasi, wawancara, angket, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I di SDN Keroncong Mas Permai. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa terdapat permasalahan yang menjadi faktor-faktor kesulitan membaca permulaan adalah faktor intelektual, psikologis lingkungan, fisiologis, Maka dari itu, peneliti dapat menarik kesimpulan dari hasil penelitian yang telah diteliti bahwa masih adanya siswa yang belum lancar untuk membaca permulaan hal tersebut disebabkan kurangnya motivasi belajar, adanya lingkungan keluarga, dan tidak tersedianya bahan bacaan.Downloads
Published
2022-09-03
How to Cite
Leonardho, . R. ., Fadhilah, . D. ., & Sumiyani, S. (2022). Analisis Faktor Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SDN Keroncong Mas Permai Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 229–235. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6569
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rizki Leonardho, Dilla Fadhilah, Sumiyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).