Penggunaan Metode Eksperimen pada Materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda dalam Meningkatkan Keterampilan Kognitif Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5003Abstract
Kemampuan kognitif merupakan suatu proses dalam diri manusia yang berlangsung di sistem saraf pusat yang memungkinkan seseorang untuk berpikir. Belajar, mengembangkan ide, mempertimbangkan suatu peristiwa, memecahkan masalah, berkaitan erat dengan keterampilan kognitif. Kualitas seorang siswa dipengaruhi oleh kualitas seorang guru dalam memberikan pengetahuan yang membuat siswa aktif dalam belajar. Salah satu upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui metode pembelajaran eksperimen. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok 7 kelas PGMI 2 semester VI Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dengan jumlah anggota empat orang. Lokasi dalam penelitian ini yaitu di rumah anggota kelompok masing-masing. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22-24 April 2022. Yang terjadi pada benda sebelum dan sesudah perubahan yaitu sebelum perubahan seluruh benda masih berwujud seperti semula. Setelah perubahan benda berubah wujud, warna dan rasa. Berdasarkan hasil eksperimen yang telah dilakukan, peneliti bisa mengambil kesimpulan bahwa penggunaan metode eksperimen ini berpengaruh signifikan terhadap keterampilan kognitif pada materi sifat dan wujud benda. Hal ini dapat dilihat pada saat peneliti memecahkan sendiri percobaan yang dilakukannya dengan kemampuan berpikirnya.Downloads
Published
2022-06-27
How to Cite
Wandini, R. R. ., Setiawan, R. N. ., Sibuea, R. ., & Barus, R. A. P. (2022). Penggunaan Metode Eksperimen pada Materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda dalam Meningkatkan Keterampilan Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1996–2004. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5003
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rora Rizky Wandini, Rizki Nanda Setiawan, Rolisa Sibuea, Rossa Aulia Putri Barus, Siti Hamidah Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).