Metode Eksperimen pada Proses Pembelajaran Perubahan Wujud Benda pada Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5006Abstract
Metode eksperimen adalah cara penyajian pelajaran dimana peserta didik melalukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajari dalam proses belajar mengajar. Dengan metode ini peserta didik dituntut untuk mengalami sendiri, mencari kebenaran, mecoba dan menarik kesimpulan atas proses yang dialaminya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pembelajaran siswa sekolah dasar dengan menggunakan metode eksperimen sederhana dalam proses pembelajaran perubahan wujud benda pada sekolah dasar. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kerja siswa (LKS). Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap benda memiliki bahan penyusun yang berbeda. Perbedaan bahan penyusun menghasilkan sifat yang berbeda obyek. Sifat benda menentukan fungsi bahan yang akan dibuat. Sifat dan bentuk benda dapat berubah karena pemanasan, pembakaran, perubahan suhu, karat dan pembusukan. Perubahan pada benda ada yang dapat Kembali ke bentuk semua dan ada yang tidak. Hasil penelitian lainnya juga menegaskan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen pada materi perubahan wujud benda dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan pembelajaran bermakna pada peserta didik.Downloads
Published
2022-06-27
How to Cite
Wandini, R. R. ., Bariyah, C. ., Lubis, H. A. ., Nur, N. M. ., & Mardhatillah, S. . (2022). Metode Eksperimen pada Proses Pembelajaran Perubahan Wujud Benda pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2014–2020. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5006
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rora Rizky Wandini, Chairul Bariyah, Habibah Aini Lubis, Nabila Maulidah Nur, Syafna Mardhatillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).