Metode Eksperimen pada Proses Pembelajaran Perubahan Wujud Benda pada Sekolah Dasar

Authors

  • Rora Rizky Wandini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Chairul Bariyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Habibah Aini Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nabila Maulidah Nur Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Syafna Mardhatillah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5006

Abstract

Metode eksperimen adalah cara penyajian pelajaran dimana peserta didik melalukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri suatu yang dipelajari dalam proses belajar mengajar. Dengan metode ini peserta didik dituntut untuk mengalami sendiri, mencari kebenaran, mecoba dan menarik kesimpulan atas proses yang dialaminya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses pembelajaran siswa sekolah dasar dengan menggunakan metode eksperimen sederhana dalam proses pembelajaran perubahan wujud benda pada sekolah dasar. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kerja siswa (LKS). Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap benda memiliki bahan penyusun yang berbeda. Perbedaan bahan penyusun menghasilkan sifat yang berbeda obyek. Sifat benda menentukan fungsi bahan yang akan dibuat. Sifat dan bentuk benda dapat berubah karena pemanasan, pembakaran, perubahan suhu, karat dan pembusukan. Perubahan pada benda ada yang dapat Kembali ke bentuk semua dan ada yang tidak. Hasil penelitian lainnya juga menegaskan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen pada materi perubahan wujud benda dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan pembelajaran bermakna pada peserta didik.

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Wandini, R. R. ., Bariyah, C. ., Lubis, H. A. ., Nur, N. M. ., & Mardhatillah, S. . (2022). Metode Eksperimen pada Proses Pembelajaran Perubahan Wujud Benda pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2014–2020. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5006

Most read articles by the same author(s)