Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa melalui Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD/MI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5002Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap ilmiah peserta didik menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IV SD/MI. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi antara penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Selama kegiatan belajar mengajar, siswa telah melaksanakan aktifitas dengan baik seperti memperhatikan penjelasan guru/teman kelompok, siswa membaca LKS, bekerja dengan menggunakan alat peraga secara bersama-sama dan mencatat yang relevan dengan pembelajaran. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. Populasi penelitian kuasi ekspermen ini seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri/Madrasah Ibtidaiyah. Sampel penelitiannya dipilih dua kelas di SD/MI yaitu kelas IVA dan IVB. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan rata-rata (mean) dan uji-t. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan sikap ilmiah siswa secara signifikan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas IV. Sikap ilmiah siswa yang paling menonjol atau meningkat secara signifikan dari siklus ke siklus adalah sikap rasa ingin ingin tahu siswa. Hal itu dibuktikan dengan persentase perolehan nilai sikap ilmiah siswa yang semakin meningkat dari siklus kesiklus.Downloads
Published
2022-06-27
How to Cite
Wandini, R. R. ., Ritonga, D. ., Hasibuan, M. S. ., Prasasti, R. D. ., & Yundira, T. . (2022). Peningkatan Sikap Ilmiah Siswa melalui Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD/MI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1990–1995. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5002
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rora Rizky Wandini, Dahlia Ritonga, Mia Septiani Hasibuan, Riska Dwi Prasasti, Tantri Yundira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).