Penerapan Model Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5011Abstract
Sifat dan wujud benda merupakan materi pembelajaran IPA di SD yang pembelajarnnya berupa eksperimen, baik itu berupa wujud, dan sifat yang terjadi pada benda tersebut. Langkah awal yang dilakukan penulis, yaitu tuntutan nyata di lapangan, mengenai pembelajaran IPA pada konsep perubahan wujud benda, sebagaimana tuntutan kurikulum KTSP.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk lebih memahami tentang konsep perubahan wujud benda siswa pada kelas tinggi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah apabila pembelajaran konsep perubahan wujud benda siswa pada kelas tinnggi ini menggunakan metode eksperimen, maka pemahaman siswa akan lebih meningkat. Penelitian ini dilakukan dengan eksperimen yang nyata dan baik, kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi dan tes. Untuk pengolahan data menggunakan analisisa deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep perubahan wujud benda siswa di kelas tinggi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen yaitu dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi perubahan wujud benda. Hal ini terlihat dari kemampuan siswa dalam melaksanakan percobaan yang diberikan.Downloads
Published
2022-06-27
How to Cite
Wandini, R. R. ., Harahap, E. Y. ., Mutia, C. M. ., Adila, N. A. ., Amalia, A. ., & Sari, R. Y. . (2022). Penerapan Model Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2032–2035. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5011
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rora Rizky Wandini, Evrina Yanti Harahap, Cut Maslina Mutia, Nur Azza Adila, Ayu Amalia, Ratih Yuana Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).