Hubungan Screen Time Dengan Kemampuan Sosial Anak 5-6 Tahun di TK Kelurahan Sukaramai Pekanbaru

Authors

  • Tri Oktavia Universitas Riau
  • Yeni Solfiah Universitas Riau
  • Zulkifli N Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10537

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Hubungan antara Screen time dengan Kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Kelurahan Sukaramai Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah 70 anak usia 5-6 tahun di TK Kelurahan Sukaramai  Pekanbaru, sampel yang digunakan sebanyak 70 anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan uji korelasi Chi Square dan ciri-ciri data nominal  dengan bantuan IMB SPSS ver. 26. Berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi diperoleh nilai Chi Square sebesar 14.469a  dengan probabilitas 0,006. Hal ini menunjukkan bahwa Terdapat Hubungan Screen Time Dengan Kemampuan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Kelurahan Sukaramai Pekanbaru. Nilai Chi Square menunjukkan bahwa antara variabel Screen Time dengan Kemampuan Sosial Anak memiliki hubungan yang negatif. Untuk menguji signifikasi hubungan dapat diketahui melalui hasil analisis dengan Pearson Chi Square, dengan melihat nilai Chi Square (Sig) yang diperoleh. Sebagai kriteria penilaian, apabila nilai Chi Square ­> 0,05 maka Ho diterima, sedangkan apabila nilai Chi Square <0,05 maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat diartikan bahwa terdapat Hubungan Screen Time Dengan Kemampuan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kelurahan Sukaramai Pekanbaru.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Oktavia, T. ., Solfiah, Y. ., & N, Z. . (2022). Hubungan Screen Time Dengan Kemampuan Sosial Anak 5-6 Tahun di TK Kelurahan Sukaramai Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12472–12480. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10537

Most read articles by the same author(s)