Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling Terhadap Disiplin Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 Guntur

Authors

  • Nova Ristiani Universitas PGRI Semarang
  • Heri Saptadi Ismanto Universitas PGRI Semarang
  • Ismah Ismah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6359

Abstract

penelitian ini adalah  deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP N 2 Guntur. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperiment Control Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 24 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen 12 siswa dan kelompok kontrol 12 siswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti di SMP N 2 Guntur yang dimulai dari tahap pengumpulan data, treatment atau pemberian layanan, dan analisis data dengan rumus t-tes maka diperoleh hasil thitung sebesar  dan ttabel db N-2 = 10  sebesar 2,23 dengan taraf signifikan 0,05 (5%). Karena thitung 3,245 > ttabel 2,23 maka dapat disimpulkan bahwa, “ada pengaruh Layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling dalam meningkatkan disiplin belajar siswa kelas VIIl SMP N 2 Guntur”. Saran yang dapat disampaikan hendaknya guru  sebagai acuan dalam memberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa dalam rangka meningkatkan disiplin belajar di lingkungan sekolah. Sehingga siswa akan terfasilitasi dan mengubah pola fikir siswa tentang bimbingan konseling di sekolah.

Downloads

Published

2022-08-25

How to Cite

Ristiani, . N. ., Ismanto, H. S., & Ismah, I. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling Terhadap Disiplin Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP N 2 Guntur . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5549–5554. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6359

Most read articles by the same author(s)