Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Pati
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17496Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan rendahnya perencanaan karir siswa kelas XI SMA Negeri 3 Pati, yang ditandai dengan banyak siswa belum memahami program studi yang ada di perguruan tinggi, siswa masih ragu dengan cita-citanya, siswa masih ragu-ragu dengan minat dan bakat untuk menentukan jurusan perguruan tinggi, siswa belum mempunyai gambaran tentang perencanaan karir, dan siswa belum memahami tentang pekerjaan yang akan diambil. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi memiliki pengaruh terhadap perencanaan karir siswa. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan true-experimental design metode pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 106 siswa, meliputi kelas XII IPS 1, XII IPS 2 dan XII IPS 3. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XII IPS 2 berjumlah 36 siswa yang dipilih secara acak menggunakan Cluster Random Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket, wawancara dan skala psikologis. Uji Paired Sample T test diperoleh hasil signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000, sehingga 0,000 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terdapat perencananaan karir siswa kelas XII SMA Negeri 3 Pati”.Downloads
Published
2023-08-06
How to Cite
Syafitri, T. ., Ismanto, . H. S. ., & Ismah, I. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Pati. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 248–253. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17496
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Tiara Syafitri, Heri Saptadi Ismanto, Ismah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).