Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Terhadap Perilaku Etis Siswa Kelas XI IPS SMAN 6 Semarang

Authors

  • Ega Rizqi Fitri Ardiana Universitas PGRI Semarang
  • Yovitha Juliejantiningsih Universitas PGRI Semarang
  • Ismah Ismah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8465

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan perilaku etis siswa khususnya pada siswa kelas XI IPS SMAN 6 Semarang. Dari DCM yang disebar, diperoleh hasil bidang Pribadi sebesar 49,67%; bidang Sosial 49,57%; bidang Belajar 50,00%; dan bidang Karier sebesar 23,04%. Namun menurut penuturan guru BK, terdapat permasalahan yang tidak terlihat yaitu mengenai perilaku siswa yang masih seenaknya sendiri. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh Bimbingan Kelompok teknik Sosiodrama terhadap perilaku etis siswa kelas XI IPS SMAN 6 Semarang. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan design True Eksperimen jenis Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 108 siswa dari 3 kelas. Sample yang digunakan 20% dari populasi yaitu sebanyak 22 siswa yang diperoleh secara acak menggunakan Cluster Random Sampling. Hasilnya, melalui uji t atau t-test dengan bantuan SPSS 26 diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05. Sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi, ada pengaruh yang signifikan terhadap perilaku etis siswa kelas XI IPS SMAN 6 Semarang setelah diberikan tindakan layanan Bimbingan Kelompok teknik Sosiodrama.

Downloads

Published

2022-11-07

How to Cite

Ardiana, E. R. F., Juliejantiningsih, Y., & Ismah, I. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Terhadap Perilaku Etis Siswa Kelas XI IPS SMAN 6 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1899–1908. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8465

Most read articles by the same author(s)