Hubungan Konsep Diri Dengan Pemilihan Studi Lanjut Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5712Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang belum memahami konsep diri serta kebingungan dalam memilih studi lanjut. Hal tersebut terjadi karena siswa belum mengetahui kelebihan, kelemahan yang dimiliki, belum mengetahui potensi diri, mengalami kebingungan dalam memilih studi lanjut, siswa kurang memahami jurusan-jurusan yang nantinya dipilih serta belum mengetahui macam-macam jurusan studi lanjut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan pemilihan studi lanjut siswa kelas IX SMP Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Jepara tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 282 siswa dan jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 152 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan skala likert yang disebarkan kepada responden melalui google form. Hasil uji korelasi Product Moment diperoleh nilai r hitung sebesar 0,708 sedangkan nilai r tabel 0,159. Hal ini berarti r hitung 0,708 ? r tabel 0,159. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan pemilihan studi lanjut siswa kelas IX SMP Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci: Konsep diri, pemilihan studi lanjutDownloads
Published
2022-07-29
How to Cite
Aprilia, . N. T. ., Juliejantiningsih, Y. ., & Ismah, I. (2022). Hubungan Konsep Diri Dengan Pemilihan Studi Lanjut Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2209–2214. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5712
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Navi Tri Aprilia, Yovitha Juliejantiningsih, Ismah Ismah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).