Hubungan Konsep Diri Dengan Pemilihan Studi Lanjut Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Navi Tri Aprilia Universitas PGRI Semarang
  • Yovitha Juliejantiningsih Universitas PGRI Semarang
  • Ismah Ismah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5712

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang belum memahami konsep diri serta kebingungan dalam memilih studi lanjut. Hal tersebut terjadi karena siswa belum mengetahui kelebihan, kelemahan yang dimiliki, belum mengetahui potensi diri, mengalami kebingungan dalam memilih studi lanjut, siswa kurang memahami jurusan-jurusan yang nantinya dipilih serta belum mengetahui macam-macam jurusan studi lanjut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan pemilihan studi lanjut siswa kelas IX SMP Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Jepara tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 282 siswa dan jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 152 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan skala likert yang disebarkan kepada responden melalui google form. Hasil uji korelasi Product Moment diperoleh nilai r hitung sebesar 0,708 sedangkan nilai r tabel 0,159.  Hal ini berarti r hitung 0,708 ? r tabel 0,159. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif  dan signifikan antara konsep diri dengan pemilihan studi lanjut siswa kelas IX SMP Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci: Konsep diri, pemilihan studi lanjut

Downloads

Published

2022-07-29

How to Cite

Aprilia, . N. T. ., Juliejantiningsih, Y. ., & Ismah, I. (2022). Hubungan Konsep Diri Dengan Pemilihan Studi Lanjut Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2209–2214. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5712

Most read articles by the same author(s)