Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak melalui Buku Cerita di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Painan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11469Abstract
Studi ini memberikan latar belakang informasi tentang masalah instruktur dan orang tua yang kurang memberikan penekanan pada kebutuhan anak usia dini untuk dapat membaca sehingga ketika masuk sekolah dasar, anak menjadi takut dengan lingkungan baru dan kehilangan minat untuk belajar. Untuk mendorong anak-anak gemar membaca, para peneliti mengembangkan program literasi sekolah. Tugas keaksaraan yang biasanya diajarkan di ruang kelas mengalami kesulitan untuk menjadi kebiasaan. Dua tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk: (1) mempelajari bagaimana mendorong kegiatan literasi anak melalui cerita; dan (2) belajar bagaimana melakukannya. Penelitian ini merupakan salah satu contoh penelitian tindakan. Fokus penelitian ini adalah siswa TK di Pembina Painan, Kec. IV Jurai Kab. Pantai selatan. Fokus penelitian ini adalah pada buku bergambar yang mempromosikan literasi dan perkembangan moral. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi merupakan tahapan-tahapan yang digunakan dalam penelitian tindakan. (2) Tingkat membaca anak-anak telah meningkat sebesar 49%, dengan tipikal anak muda sekarang mendapat skor 8 pada skala melek huruf. Penelitian ini juga menawarkan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat, antara lain (1) penyediaan sumber bacaan bagi anak, (2) peningkatan kemampuan membaca anak, (3) tersedianya buku cerita anak selama di sekolah, dan (4) kemampuan kegiatan literasi untuk menumbuhkan budaya literasi pada anak.Downloads
Published
2023-01-13
How to Cite
Yenti, S. ., Suryana, D. ., & Mahyuddin, N. . (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak melalui Buku Cerita di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Painan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3041–3052. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11469
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Syahreni Yenti, Dadan Suryana, Nenny Mahyuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).