Studi Kasus Permasalahan Sosial Anak Hiperaktif di Taman Kanak-Kanak, Bukittinggi

Authors

  • Tri Nola Mulfiani Universitas Negeri Padang
  • Dadan Suryana Universitas Negeri Padang
  • Neny Mahyuddin Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10090

Abstract

Keterampilan sosial merupakan salah satu kemampuan yang dapat berdampak pada kehidupan anak di masa depan. Perkembangan sosial awal pada anak-anak seringkali terhambat oleh keterampilan sosial mereka yang terbatas, yang membuat mereka sulit untuk berinteraksi dengan orang lain. Hiperaktif adalah salah satu masalah sosial yang dialami anak-anak. Anak-anak yang menunjukkan perilaku hiperaktif cenderung penyendiri dan sering kesulitan membangun hubungan dengan orang lain, termasuk orang tua, teman sebaya, dan orang-orang di lingkungan terdekatnya. Penelitian ini menggunakan studi kasus sebagai metode penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di TK di Kota Bukittinggi. Anak muda berusia 5 tahun yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa anak-anak menunjukkan perilaku hiperaktif dan peneliti dapat bekerja dengan anak-anak dengan menggunakan strategi seperti pendekatan, sentuhan, perhatian, dan pujian ketika mereka berperilaku baik.

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Mulfiani, T. N. ., Suryana, D. ., & Mahyuddin, N. . (2022). Studi Kasus Permasalahan Sosial Anak Hiperaktif di Taman Kanak-Kanak, Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10689–10695. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10090