Studi Kasus Pengaruh Kenyamanan Belajar di Kelas terhadap Proses Pembelajaran pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10176Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan suatu wadah membantu pertumbuhan perkembangan anak didik. Stimulus yang diberikan kepada anak usia dini sangat penting untuk memasuki pendidikan lebih lanjut. Kemampuan membaca dan menulis dapat dilatih sejak dini, hal ini dimaksudkan agar anak mampu mengenal memahami arti dari lambang yang dibacanya dan mampu menulis lambang tersebut. ada beberapa faktor menyebabkan tumbuh kembang anak berjalan optimal, salah satunya adalah kenyamanan belajar anak selama dikelas. Hal ini sangat mempengaruhi hasil perkembangan membaca dan menulis anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan melihat proses pembelajaran didalam kelas. Studi ini menggunakan deskriptif pendekatan studi kasus secara kualitatif, penelitian yang dilakukan intensif, dalam dan mencoba untuk mendapatkan informasi selengkap mungkin tentang kenyamanan belajar anak terhadap proses pembelajaran didalam kelas. Tujuan penelitian tersebut adalah (1) untuk mengetahui proses pembelajaran dikelas (2) untuk mengetahui hasil perkembangan anak selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa teknik yakni wawancara guru dan orangtua, observasi anak, penilaian proses, catatan lapangan dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dideskripsikan pada hasil penelitian serta direfleksikan untuk merencanakan pembelajaran selanjutnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (l) terdapat anak yang tidak dapat menyelesaikan pembelajaran menulis, (2) hasil perkembangan membaca anak dapat terselesaikan, (3) terdapat anak yang menangis saat pembelajaran.Downloads
Published
2022-12-13
How to Cite
Rifa, N. ., Suryana, D. ., & Mahyuddin, N. . (2022). Studi Kasus Pengaruh Kenyamanan Belajar di Kelas terhadap Proses Pembelajaran pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10971–10979. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10176
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Novela Rifa, Dadan Suryana, Nenny Mahyuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).