Meningkatan Perkembangan Kognitif Anak melalui Pendekatan Saintifik di RA Aisyiyah III Alang Sungkai

Authors

  • Yolanda Dwi Putri Universitas Negeri Padang
  • Dadan Suryana Universitas Negeri Padang
  • Nenny Mahyuddin Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11388

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melihat bagaimana peningkatan dalam perkembangan kognitif pada anak melalui pendekatan saintifik di Ra. Aisyiyah III Alang Sungkai Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di Ra. Aisyiyah III Alang Sungkai Air Haji Tengah,Kec Linggo Sari Baganti, Kab. Pesisir Selatan. Berjumlah 25 anak sebagai subjek dalam penelitian pada kelompok B. Penelitian ini manggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Terdiri dari 4 tahapan pada setiap siklus melalui perencanaan, tindakan, observasi dan  refleksi. Deskritif kuatitif dalam pengambilan teknik analisis data yaitu dengan menjabarkan semua kegiatan lalu menganalogikan setiap penilai hasil belajar anak pertama pertemuan, siklus I, dan siklus II. Melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang digunakan pada teknik pengumpulan data.  Penelitian tersebut menunjukkan hasil bahwa kemampuan kognitif melalui pendekatan saintifik pada anak di Ra. Aisyiyah III meningkatan sangat baik. Meningkatnya hasil presentasi hasil belajar anak sejak awal observasi, di Siklus I yang terdapat 4 dari 25 anak yang memiliki presentase 16% BSB kemudian naik pada siklus II dengan 19 anak pada presentase 76% BSH yang berarti hampir seluruh kemampuan kognitif anak meningkat sangat baik.

Downloads

Published

2023-01-12

How to Cite

Putri, . Y. D. ., Suryana, D. ., & Mahyuddin, N. (2023). Meningkatan Perkembangan Kognitif Anak melalui Pendekatan Saintifik di RA Aisyiyah III Alang Sungkai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2689–2694. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11388