Meningkatan Perkembangan Kognitif Anak melalui Pendekatan Saintifik di RA Aisyiyah III Alang Sungkai
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11388Abstract
Penelitian bertujuan untuk melihat bagaimana peningkatan dalam perkembangan kognitif pada anak melalui pendekatan saintifik di Ra. Aisyiyah III Alang Sungkai Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di Ra. Aisyiyah III Alang Sungkai Air Haji Tengah,Kec Linggo Sari Baganti, Kab. Pesisir Selatan. Berjumlah 25 anak sebagai subjek dalam penelitian pada kelompok B. Penelitian ini manggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Terdiri dari 4 tahapan pada setiap siklus melalui perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Deskritif kuatitif dalam pengambilan teknik analisis data yaitu dengan menjabarkan semua kegiatan lalu menganalogikan setiap penilai hasil belajar anak pertama pertemuan, siklus I, dan siklus II. Melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang digunakan pada teknik pengumpulan data. Penelitian tersebut menunjukkan hasil bahwa kemampuan kognitif melalui pendekatan saintifik pada anak di Ra. Aisyiyah III meningkatan sangat baik. Meningkatnya hasil presentasi hasil belajar anak sejak awal observasi, di Siklus I yang terdapat 4 dari 25 anak yang memiliki presentase 16% BSB kemudian naik pada siklus II dengan 19 anak pada presentase 76% BSH yang berarti hampir seluruh kemampuan kognitif anak meningkat sangat baik.Downloads
Published
2023-01-12
How to Cite
Putri, . Y. D. ., Suryana, D. ., & Mahyuddin, N. (2023). Meningkatan Perkembangan Kognitif Anak melalui Pendekatan Saintifik di RA Aisyiyah III Alang Sungkai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2689–2694. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11388
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Yolanda Dwi Putri, Dadan Suryana, Nenny Mahyuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).