Studi Kasus Strategi dalam Menangani Speech Delay Anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 07 Aceh Selatan

Authors

  • Marisa Sardi Universitas Negeri Padang
  • Dadan Suryana Universitas Negeri Padang
  • Nenny Mahyuddin Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11280

Abstract

Keterlambatan bicara atau speech delay merupakan defenisi umum yang mengacu pada proses terlambatnya bicara serta bahasa bukan sesuai dengan usia tumbuh kembang anak. Keterlambatan bicara merupakan gejala awal dari beberapa macam gangguan. Keterlambatan bicara akan menghambat perkembangan anak dalam berbagai aspek. Strategi dalam mengatasi keterlambatan bicara dapat dengan melakukan training deteksi dini tumbuh kembang anak, kemajuan dari fasilitas sekarang dengan melaksanakan perawatan, perbaikan, serta menamambahkan fasilitas yang diperlukan untuk merangsang bahasa anak. Selanjutnya peranan orang tua paling penting untuk membangun kebersamaan dengan anak.  Bahasa anak bisa dilatih dengan menerapkan berbagai strategi, seperti berbicara perlahan dan jelas, terlibat dalam percakapan secara teratur dan menggunakan gerakan tangan. Selain itu, guru dapat menerapkan strategi memperbaiki kesalahan pengucapan, mengajak bercerita dan menggunakan gerakan tubuh. Melalui penerapan strategi ini, kemampuan berbicara anak semakin baik dan prinsip komunikasi dua arah dapat terjadi dimana anak mampu menyalurkan keinginan, imajinasi, dan emosinya.

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

Sardi, . M. ., Suryana, D., & Mahyuddin, N. . (2023). Studi Kasus Strategi dalam Menangani Speech Delay Anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 07 Aceh Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2154–2158. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11280

Most read articles by the same author(s)