Model Pelaksanaan Pembelajaran dimasa Pandemi Covid-19 di Taman Kanak Kanak Pertiwi Koto XI Tarusan kab. Pesisir selatan

Authors

  • Ayu Dahlia Putri Universitas Negeri Padang
  • Nenny Mahyuddin Universitas Negeri Padang
  • Dadan Suryana Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11278

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Model Pelaksanaan Pembelajaran dimasa pandemi covid-19 ditaman Kanak Kanak Pertiwi Koto XI Tarusan kab. Pesisir selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data di lakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pelaksanaan pembelajaran selama masa pandemi covid-19 terdiri dari 3 tahapan yaitu metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pada tahap metode pembelajaran guru menyiapkan dua metode yaitu metode daring dan metode luring. Pada metode daring guru memberikan pembelajaran melalui pembuaan video dan membagikannya via whattsapp sedangkan metode luring guru memberikan pembelajaran terhadap anak didik melalui pembelajaran langsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pada tahan media pembelajaran guru memberikan pemahaman terhadap anak didik melalui penyediaan alat secara langsung dan diperlihatkan terhadap anak didik. Pada tahap evaluasi sejauh ini sudah berjalan dengan baik dengan mengguakan metode pembelajaran luring

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

Putri, A. D. ., Mahyuddin, N. ., & Suryana, D. . (2023). Model Pelaksanaan Pembelajaran dimasa Pandemi Covid-19 di Taman Kanak Kanak Pertiwi Koto XI Tarusan kab. Pesisir selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2141–2149. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11278

Most read articles by the same author(s)