Model Pelaksanaan Pembelajaran dimasa Pandemi Covid-19 di Taman Kanak Kanak Pertiwi Koto XI Tarusan kab. Pesisir selatan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11278Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Model Pelaksanaan Pembelajaran dimasa pandemi covid-19 ditaman Kanak Kanak Pertiwi Koto XI Tarusan kab. Pesisir selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data di lakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Sedangkan teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pelaksanaan pembelajaran selama masa pandemi covid-19 terdiri dari 3 tahapan yaitu metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pada tahap metode pembelajaran guru menyiapkan dua metode yaitu metode daring dan metode luring. Pada metode daring guru memberikan pembelajaran melalui pembuaan video dan membagikannya via whattsapp sedangkan metode luring guru memberikan pembelajaran terhadap anak didik melalui pembelajaran langsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Pada tahan media pembelajaran guru memberikan pemahaman terhadap anak didik melalui penyediaan alat secara langsung dan diperlihatkan terhadap anak didik. Pada tahap evaluasi sejauh ini sudah berjalan dengan baik dengan mengguakan metode pembelajaran luringDownloads
Published
2023-01-09
How to Cite
Putri, A. D. ., Mahyuddin, N. ., & Suryana, D. . (2023). Model Pelaksanaan Pembelajaran dimasa Pandemi Covid-19 di Taman Kanak Kanak Pertiwi Koto XI Tarusan kab. Pesisir selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2141–2149. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11278
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ayu Dahlia Putri, Nenny Mahyuddin , Dadan Suryana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).