Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Macbo Berbasis Aurora 3D Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Hidayah Bungaraya Kabupaten Siak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10489Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan terhadap kemampuan kognitif pada anak belum berkembang secara optimal, sehingga perlu untuk dilakukan penerapan media pembelajaran Macbo berbasis Aurora 3D. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Macbo berbasis Aurora 3D Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Hidayah Bungaraya Kabupaten Siak. Penelitian yang terdapat dalam pembelajaran interaktif Macbo atau dengan kata lain media cerdas berfikir logis yang merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design dengan jumlah sampel 12 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi kemampuan kognitif. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS ver 26. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan kognitif sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif Macbo berbasis Aurora 3D. Dilihat dari jumlah rata-rata sebelum menggunakan media pembelajarn interaktif berbasisAurora 3D adalah rata-rata 36,72% dan nilai rata-rata sesudahnya adalah 81,77%. Berdasarkan uji t-test menggunakan Paired Sampel Test diperoleh hasil uji thitung = 25,284 sedang nilai ttabel = 2,179, jadi nilai thitung = 25,284 > ttabel = 2,179 atau nilai Sig = 0,00 < 0,05 dengan kata lain thitung> ttabel maka Ho di tolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif Macbo berbasis Aurora 3D terhadap kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun.Downloads
Published
2022-12-20
How to Cite
Fitriyana, F., Nurlita, N., & Puspitasari, E. . (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Macbo Berbasis Aurora 3D Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Hidayah Bungaraya Kabupaten Siak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12423–12432. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10489
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fitriyana, Nurlita, Enda Puspitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).