Pengaruh Games Edukatif funny Food 3 Berbasis Android Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10487Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak didik belum berkembang dengan optimal. Sehingga perlu dilakukan penerapan games edukatif Funny Food 3 berbasis android. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji pengaruh games edukatif Funny Food 3 berbasis android terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design dengan jumlah sampel 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengunakan lembar observasi kemampuan mengenal konsep bilangan. Teknik anlisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS ver 20. Dari hasil analisis data diperoleh thitung sebesar 14,916lebih besar dari ttabel = 2,145 dengan sig 0.000 < 0.05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan mengenal konsep bilangan yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan games edukatif Funny Food 3 berbasis android. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh terdapat pengaruh games edukatif Funny Food 3 berbasis android terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Harapan Kabupaten kampar sebesar 53,50 %.Downloads
Published
2022-12-20
How to Cite
Afrilila, Z. A., Solfiah, Y. ., & Puspitasari, E. . (2022). Pengaruh Games Edukatif funny Food 3 Berbasis Android Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12402–12414. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10487
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Zita Afrilila, Yeni Solfiah, Enda Puspitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).