Pengaruh Games Edukatif funny Food 3 Berbasis Android Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Zita Afrilila Afrilila Universitas Riau
  • Yeni Solfiah Universitas Riau
  • Enda Puspitasari Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10487

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak didik belum berkembang dengan optimal. Sehingga perlu dilakukan penerapan games edukatif Funny Food 3 berbasis android. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji pengaruh games edukatif Funny Food 3 berbasis android terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design dengan jumlah sampel 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengunakan lembar observasi kemampuan mengenal konsep bilangan. Teknik anlisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS ver 20. Dari hasil analisis data diperoleh thitung sebesar 14,916lebih besar dari ttabel = 2,145 dengan sig 0.000 < 0.05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan mengenal konsep bilangan yang signifikan sebelum dan sesudah penggunaan games edukatif Funny Food 3 berbasis android. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh terdapat pengaruh games edukatif Funny Food 3 berbasis android terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Harapan Kabupaten kampar sebesar 53,50 %.

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Afrilila, Z. A., Solfiah, Y. ., & Puspitasari, E. . (2022). Pengaruh Games Edukatif funny Food 3 Berbasis Android Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12402–12414. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10487

Most read articles by the same author(s)