Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru PAUD Terhadap Keefektifan Pembelajaran Pada Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5088Abstract
Studi ini memiliki sasaran yang dijadikan sebagai tujuan, yakni mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi bagi tenaga pendidik pada bidang Anak Usia Dini (PAUD) atas efektivitas belajar mengajar dalam jaringan atau online di era pandemic Covid-19 di Wilayah Tembilahan. Studi ini merupakan penelitian kuantitatif yang termasuk ke dalam bentuk studi korelasional. Asosiasi yang dijadikan sebagai populasi dalam studi ini berjumlah 109 guru dari 9 sekolah PAUD di Kota Tembilahan, sampel yang digunakan adalah 53 guru PAUD dari 9 sekolah di Kota Tembilahan. Teknik dalam mengambil sampel pada sstudi ini ialah Taro Yamane. Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa informasi ini melalui uji yang menggunakan soal-soal tes untuk guru PAUD. Analisis penelitian menggunakan teknik statistik Chi Square dengan karakteristik data ordinal dengan bantuan IMB SPSS ver 24. Hipotesis yang dikaji ialah adanya pengaruh kemampuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi tenanga pendidik pada bidang anak usia dini atas efektivitas belajar mengajar secara daring atau online selama covid-19 melanda Indonesia khususnya di kota Tembilahan. Dalam penelitian ini, variabel efektivitas pembelajaran online dan variabel Kemampuan Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi guru PAUD termasuk dalam kategori “cukup baik.”Downloads
Published
2022-06-30
How to Cite
Verliani, A. ., Puspitasari, E. ., & Kurnia, R. . (2022). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru PAUD Terhadap Keefektifan Pembelajaran Pada Pandemi Covid-19 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2396–2407. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5088
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ansy Verliani, Enda Puspitasari, Rita Kurnia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).