Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru PAUD Terhadap Keefektifan Pembelajaran Pada Pandemi Covid-19

Authors

  • Ansy Verliani Universitas Riau
  • Enda Puspitasari Universitas Riau
  • Rita Kurnia Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5088

Abstract

Studi ini memiliki sasaran yang dijadikan sebagai tujuan, yakni mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi bagi tenaga pendidik pada bidang Anak Usia Dini (PAUD) atas efektivitas belajar mengajar dalam jaringan atau online di era pandemic Covid-19 di Wilayah Tembilahan. Studi ini merupakan penelitian kuantitatif yang termasuk ke dalam bentuk studi korelasional. Asosiasi yang dijadikan sebagai populasi dalam studi ini berjumlah 109 guru dari 9 sekolah PAUD di Kota Tembilahan, sampel yang digunakan adalah 53 guru PAUD dari 9 sekolah di Kota Tembilahan. Teknik dalam mengambil sampel pada sstudi ini ialah Taro Yamane. Cara yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa informasi ini melalui uji yang menggunakan soal-soal tes untuk guru PAUD. Analisis penelitian menggunakan teknik statistik Chi Square dengan karakteristik data ordinal dengan bantuan IMB SPSS ver 24. Hipotesis yang dikaji ialah adanya pengaruh kemampuan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi tenanga pendidik pada bidang anak usia dini atas efektivitas belajar mengajar secara daring atau online selama covid-19 melanda Indonesia khususnya di kota Tembilahan. Dalam penelitian ini, variabel efektivitas pembelajaran online dan variabel Kemampuan Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi guru PAUD termasuk dalam kategori “cukup baik.”

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Verliani, A. ., Puspitasari, E. ., & Kurnia, R. . (2022). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru PAUD Terhadap Keefektifan Pembelajaran Pada Pandemi Covid-19 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2396–2407. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5088