Pengaruh Media Putaran Kreatif Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Negeri Pembina Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10280Abstract
Kemampuan membaca permulaan merupakan kemampuan yang penting dikembangkan pada anak untuk mempersipakan anak memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media putaran kreatif terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di tk negeri pembina selatpanjang kabupaten kepulauan meranti, Penelitian menggunakan metode ekperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 16 orang anak didik yaitu 7 anak laki-laki dan 9 anak prempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Sebagaimana hasil uji hipotesis yang didapatkan adanya peningkatan sebelum menggunakan media putaran kreatif dan sesudah menggunakan media putaran kreatif huruf pada anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Selatpanjang Kabupaten Kepulauan meranti. Sebagaimana penghitungan dihasilkan t hitung 11.492 sementara t tabel 2,145 bermakna bahwasanya Ho ditolak dan Ha diterima, dimana Ha mengungkapkan terdapat peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan media putaran kreatif terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti.Downloads
Published
2022-12-15
How to Cite
Nursanti, R. ., Puspitasari, E. ., & Kurnia, R. . (2022). Pengaruh Media Putaran Kreatif Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Negeri Pembina Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11480–11489. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10280
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Reni Nursanti, Enda Puspitasari, Rita Kurnia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).