Pengaruh Media Putaran Kreatif Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Negeri Pembina Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti

Authors

  • Reni Nursanti Universitas Riau
  • Enda Puspitasari Universitas Riau
  • Rita Kurnia Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10280

Abstract

Kemampuan membaca permulaan merupakan kemampuan yang penting dikembangkan pada anak untuk mempersipakan anak memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media putaran kreatif terhadap kemampuan  membaca permulaan anak usia 4-5 tahun di tk negeri pembina selatpanjang kabupaten kepulauan meranti, Penelitian menggunakan metode ekperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini 16 orang anak didik yaitu 7 anak laki-laki dan 9 anak prempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Sebagaimana hasil uji hipotesis yang didapatkan adanya peningkatan sebelum menggunakan media putaran kreatif dan sesudah menggunakan media putaran kreatif huruf pada anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Selatpanjang Kabupaten Kepulauan meranti. Sebagaimana penghitungan dihasilkan t hitung 11.492 sementara t tabel  2,145 bermakna bahwasanya Ho ditolak dan Ha diterima, dimana Ha mengungkapkan terdapat peningkatan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan media putaran kreatif terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti.

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Nursanti, R. ., Puspitasari, E. ., & Kurnia, R. . (2022). Pengaruh Media Putaran Kreatif Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Negeri Pembina Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11480–11489. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10280