PELATIHAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TEKNIK NON TES BAGI GURU MAN 4 KAMPAR

Authors

  • Sri Ulfa Insani Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Astuti Astuti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Zulfah Zulfah Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v1i1.516

Keywords:

Instrumen Penilaian, Teknik Non Tes

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di MAN 4 Kampar. Adapun materi yang diberikan adalah pengembangan instrumen penilaian teknik non tes bagi guru yang ada di MAN 4 Kampar. Pelatihan ini berguna bagi para guru dalam melakukan penilaian terhadap siswa pada aspek non kognitif. Aspek non kognitif tersebut berupa sikap, minat, motivasi, rasa ingin tahu, tingkat kepercayaan diri, dan lain sebagainya. Aspek non kognitif tersebut secara tidak langsung memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap munculnya semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Dari aspek tersebut guru bisa mengetahui apa saja kendala yang dihadapi oleh siswa dan upaya apa yang dilakukan untuk mengatasinya. Adapun dampak yang diperoleh guru dari kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman guru-guru mengenai penilaian melalui tenik non tes.

Author Biographies

Sri Ulfa Insani, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Pendidikan Matematika

Astuti Astuti, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Pendidikan Matematika

Zulfah Zulfah, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Pendidikan Matematika

References

Basrowi, S. (2018). Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Bandung: Karya Putra Darwati.

Kumara, A. (1990). Hubungan antara motivasi berprestasi dan kecemasan dengan prestasi belajar para mahasiswa fakultas psikologi UGM Tahun ajaran 1989/1990. Laporan hasil penelitian.

Karen, N.A & Bruce, D.F. (2010). Affective learning: A taxonomy for teaching social work valuesâ€, Journal of Social Work Values and Ethics. Volume 7 Number 2.

Downloads

Published

2020-02-18

How to Cite

Insani, S. U., Astuti, A., & Zulfah, Z. (2020). PELATIHAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN TEKNIK NON TES BAGI GURU MAN 4 KAMPAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–3. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i1.516

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.