PENGEMBANGAN KARAKTER DAN ETIKA PROFESIONAL MELALUI KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Petrus Jacob Pattiasina Universitas Pattimura
  • Mohammad Iskandar Dzulkurnain Universitas PGRI Yogyakarta
  • Tri Martial Universitas Medan Area
  • Etza Nofarita AMIK Kosgoro
  • Paul Usmany Universitas Pattimura
  • Godlif Sianipar Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24712

Keywords:

Pelatihan; Karakter; Etika Profesional; Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini menyajikan laporan mengenai kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang bertujuan mengembangkan karakter dan etika profesional mahasiswa melalui implementasi Kurikulum Merdeka. Melibatkan dosen dari daerah Ambon Provinsi Maluku, DIY Yogyakarta, Medan Sumatera Utara, dan Solok Sumatera Barat, kegiatan ini mengeksplorasi strategi untuk menyelaraskan nilai-nilai Kurikulum Merdeka ke dalam pendidikan tinggi yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Metode yang digunakan melibatkan pelatihan teknologi, penyusunan rencana pengembangan karakter, dan implementasi kegiatan yang terfokus. Hasilnya mencakup pengembangan karakter mahasiswa, peningkatan etika profesional, dan integrasi nilai-nilai Kurikulum Merdeka dalam kurikulum pendidikan tinggi. Kolaborasi lintas-wilayah antar-dosen juga menciptakan jaringan kerjasama yang kuat. Kesimpulannya, PKM ini tidak hanya berhasil dalam mencapai tujuannya, tetapi juga memberikan dampak positif dalam pendidikan tinggi yang berkelanjutan.

References

Haryanto, S., Rukhmana, T., Ikhlas, A., Vhalery, R., Vanchapo, A. R., & Azizah, N. (2023). Peran Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka Untuk Membentuk Etika Professional Mahasiswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2638-2642.

Nahdiyah, A. C. F. (2023). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2).

Sari, M. N., & Ningsih, P. E. A. (2023). Pengajaran Bahasa Inggris Terhadap Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Video Animasi. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 4(3), 628-636.

Sari, M., Ningsih, P. E. A., Saswandi, T., & Ihsan, R. (2022). Penulisan Abstrak Berbahasa Inggris untuk Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 3(4), 435-441.

Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4).

Siallagan, A. P., Sitohang, A. T., Hutapea, D. J., Marpaung, R., Tobing, S. R. M., Simbolon, T. G. L., & Jamaludin, J. (2023). Problematika Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran PPKn Berdasarkan Kurikulum Merdeka Di SMAN 7 Medan. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 195-207.

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Pattiasina, P. J. ., Dzulkurnain, M. I. ., Martial, T. ., Nofarita, E. ., Usmany, P. ., & Sianipar, G. . (2024). PENGEMBANGAN KARAKTER DAN ETIKA PROFESIONAL MELALUI KURIKULUM MERDEKA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 633–640. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24712