PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH

Authors

  • Witri Lestari Universitas Indraprasta PGRI
  • Hawa Liberna Universitas Indraprasta PGRI
  • Lin Mas Eva Universitas Indraprasta PGRI
  • Nurul Hikmah Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20702

Keywords:

Pendidikan Karakter, Siswa, Sekolah

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SMK Yapermas Jakarta. Target peserta dalam kegiatan ini yaitu seluruh guru yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari beberapa guru bidang studi, diantaranya guru Bahasa Indonesia, Guru Matematika, Guru Bahasa Inggris, Guru PKn, Guru Bisnis Online dan Guru Akuntansi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai “Pendidikan Karakter di Sekolah”. Karena pada umumnya masih banyak guru yang belum menerapkan pendidikan karakter di kelasnya, oleh karena itu tim dosen pengabdian masyarakat Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI tertarik untuk memberikan sedikit ilmu untuk perkembangan kemajuan guru-guru khususnya di SMK Yapermas. Secara umum kegiatan dapat dinilai sangat baik dan berjalan lancar. Kreativitas guru dalam menanamkan nilai karakter yang baik pada para siswa tentu saja menjadi salah satu faktor pendukung dalam memaksimalkan hasil implementasi yang dilakukan. Dengan begitu setiap pembelajaran nilai pendidikan karakter mampu diimplementasikan secara tepat. Memberikan sisipan ungkapan bijak atau kata mutiara termasuk hadits serta sunnah bisa diterapkan secara perlahan. Sedikit demi sedikit akan memberikan pengaruh yang tertancap dalam pikiran para siswa. Tentunya kita sebagai guru juga harus melihat bagaimana perubahan karakter siswa setelah diberikan implementasi pendidikan karakter. Sehingga dari hasil evaluasi yang didapatkan dapat dilakukan perubahan penerapan pendidikan karakter pada siswa jika diperlukan.

References

Albertus, D.K. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Kultur Sekolah. Yogyakarta:PT Kanisius

Elfian, E., Ariwibowo, P., & Johan, R. S. (2018). Peran Pendidikan Tinggi dalam Meningkatkan Minat Masyarakat untuk Produktivitas Pendidikan. Sosio E-Kons, 9(3), 200-215.

Jihad, A, dkk. (2010). Pendidikan Karakter Teori dan Aplikasi. Jakarta: Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan Nasional.

Thabroni, Gamal. (2020). Pendidikan Karakter: Pengertian, Sistem, Tujuan & Strategi. [online] diakses dari https://serupa.id/pendidikan-karakter/

Widiasworo, E. (2018). Strategi Pembelajaran Edutaintment Berbasis Karakter.Yogyakarata: Ar- Ruzz Media. https://unwaha.ac.id/artikel/penerapan-pendidikan-berkarakter-di-sekolah- menengah/.

Downloads

Published

2023-11-12

How to Cite

Lestari , W. ., Liberna , H., Eva, L. M., & Hikmah, N. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 9841–9846. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20702