PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER KEBANGSAAN PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 BINTAUNA KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA PROVINSI SULAWESI UTARA

Authors

  • Asmun W. Wantu Universitas Negeri Gorontalo
  • Udin Hamim Universitas Negeri Gorontalo
  • Zulfikar Adjie Universitas Negeri Gorontalo
  • Randi Kasuma Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12494

Keywords:

Tri Darma Perguruan Tinggi, Karakter Kebangsaan, Implementasi Nilai

Abstract

Wujud Tri Darma Perguruan Tinggi tidak sekedar melaksanakan proses pembelajaran melainkan juga dapat melaksanakan proses kegiatan pengabdian di lingkungan masyarakat. Hal ini, merujuk pada kemampuan Dosen yang memiliki kapasitas yang lebih dari sisi pengetahuan serta keterampilan. Hasil temuan dilokasi,masih terdapat siswa yang kurang mengimplementasikan Nilai karakter kebangsaan. Hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya; (1) Kurangnya pemahaman Siswa di SMA 1 Bintauna tentang nilai karakter kebangsaan.; (2) Kesadaran yang kurang akan Nilai Karakter Kebangsaan. Oleh karena itu upaya penyelesaian permasalahan yang dilakukan adalah dosen dan mahasiswa prodi S1 PPKn Universitas Negeri Gorontalo menjalin kerjasama  untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang Penguatan Pendidikan Karakter Kebangsan. Metode yang digunakan yaitu dengan beberapa tahapan diantarnya observasi dan pelaksanaan kegiatan.Hasil pelaksanaan kegiatan (1) Meningkatnya Pemahaman Siswa SMAN 1 Bintauna Tentang Karakter Kebangsaan; (2) Siswa SMAN 1 Bintauna Memiliki Kesadaran akan Pentingnya Nilai Karakter Kebangsaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk meminimalisir kemerosotan nilai-nilai karakter kebangsaan pada siswa-siswi perlu adanya pendampingan secara berkelanjutan yang difokuskan pada perbaikan serta peningkatan perilaku dan sikap yang mencerminkan nilai-nilai karakter kebangsaan pada regenerasi bangsa ini dalam hal ini siswa-siswi.

References

Dewirahmadanirwati. (2018). Meningkatkan Karakter Kebangsaan di Kalangan Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 2(3), 65-71.

Harinaredi. (2018). Pembentukan Karakter Kebangsaan Melalui Pembelajaran Sejarah Dalam Pusaran Globalisasi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, (Vol. 1, No. 1).

Hasanah, A. (2022). Penguatan Karakter Kebangsaan Melalui Pendekatan Integratif pada Mapel Rumpun PAI di Madrasah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01).

Kurniawaty, I., Purwati, & Faiz, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Education And Development, 10(3), 496-498.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Totok, T. (2018). Aktualisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Peneguh Karakter Kebangsaan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.

Undang-Undang Dasar 1945

Wulandari, A. D., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Membumikan Pancasila Bagi Karakter Penerus Bangsa Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 926-930.

Downloads

Published

2023-02-26 — Updated on 2023-02-27

Versions

How to Cite

Wantu, A. W. . ., Hamim, U. ., Adjie, Z. ., & Kasuma, R. . (2023). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER KEBANGSAAN PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 BINTAUNA KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA PROVINSI SULAWESI UTARA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 807–813. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12494 (Original work published February 26, 2023)