PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI ERA MILENIAL 4.0 (DESA NAMU UKUR UTARA KECAMATAN SEI BINGAI KAB. LANGKAT)

Authors

  • Alfian Tanjung STAI Al-Ishlahiyah Binjai
  • Wawan Arbeni STAI Al-Ishlahiyah Binjai
  • Fenny Mustika Piliang STAI Al-Ishlahiyah Binjai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19566

Keywords:

Pendidikan, Karakter, Era Milenial

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses pengajaran dan bimbingan yang terjadi karena adanya interaksi dengan masyakarat.  penanganan cermat terutama terhadap perubahan yang berdampak negatif salah satunya adalah meninggalkan nilai-nilai karakter budaya bangsa dan negara. Fenomena tersebut akhirnya menjadikan pendidikan karakter salah satu wacana utama dalam kebijakan nasional bidang karakter pendidikan. Pelaksanaan pendidikan dengan mengembangkan nilai-nilai karakter yang dianggap luntur diantaranya, yaitu integritas, religius, gotong royong, nasionalis, dan mandiri. Nilai-nilai karakter bangsa yang mulai luntur terutama pada generasi milenial harus segera diatasi secara komprehensif agar memberikan dampak yang lebih positif dan bermartabat bagi bangsa dengan cara mendidik, salah satu metode mendidik.Perlunya pendidikan sebagai akibat adanya hubungan antar manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Pendidikan juga diartikan sebagai kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat tindakan edukatif dan didaktis yang diperuntukkan untuk generasi yang sedang tumbuh. Salah satu alternatif pembelajaran anak di era milenial adalah kembali kepada pendidikan melalui dolanan tradisional anak. Dolanan tradisional anak merupakan permainan yang disertai gerak banyak mengandung ajaran moral yang masih relevan dengan kehidupan jaman sekarang. Ketertarikan anak-anak pada seni budaya lokal ini sebagai implementasi pendidikan anak di masyarakat dan sebagai sarana menanamkan berbagai pendidikan yang  ada pada anak-anak.

References

Adisusilo, Sutarjo, J.R. 2013. Pembelajaran Nilai Karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers.

Endraswara, Suwardi. 2013. Pendidikan Karakter dalam Folklor. Yogyakarta: Rumah Suluh.

Tafsir, Ahmad. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hadikusuma, Kunarya. 1995. Pengantar Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Koesoema, Doni A. 2007. Pendidikan Karakter: strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta; PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Muslich, Masnur. 2014. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisi Multidimensional. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sujono & Nurani, Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT INDEKS.

Wibowo, Agus. 2017. Pendidikan Karakter. Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-10-07

How to Cite

Tanjung, A. ., Arbeni, W., & Piliang, F. M. . (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI ERA MILENIAL 4.0 (DESA NAMU UKUR UTARA KECAMATAN SEI BINGAI KAB. LANGKAT). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 8348–8353. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19566