WORKSHOP IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS CINTA DAMAI SOSIAL RELIGIUS UNTUK MENGHINDARI BULLYING PADA SMK PUTRA PERTIWI KOTA TANGERANG SELATAN, BANTEN

Authors

  • Ika Yuliasari Universitas Jayabaya
  • Novianty Elizabeth Ayuni Universitas Jayabaya
  • Made Wiliantara Universitas Jayabaya
  • Meuthia Indah Universitas Jayabaya
  • Agung Kwartama Universitas Jayabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28285

Keywords:

Pendidikan Karakter, Cinta Damai Sosial Religius

Abstract

Berangkat dari Programme for International Students Assessment (PISA) di tahun 2018, Indonesia berada di urutan kelima tertinggi dari 78 negara sebagai negara yang paling banyak murid mengalami perundungan (bullying). Sebesar 41,1% murid mengaku pernah mengalami perundungan (bullying). Tujuan kegiatan PKM ini Workshop Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Cinta Damai Sosial Religius Pada SMK Putra Pertiwi, Tangerang Selatan, Banten, melalui layanan belajar dan media sosial tiktok dan youtube/instagram. Metode kegatan PKM dilaksanakan secara luring melaui layanan mengajar dan daring melalui video tiktok. Tahapan kegiatan PKM: 1) Persiapan melakukan eksplorasi nilai cinta damai sosial religius, mengembangkan design dan konsep media tiktok, mengembangkan form refleksi dan evaluasi kegiatan, mengembangkan model layanan mengajar interaktif; 2) Pelaksanaan dilaksanakan secara langsung tatap muka di SMK Kota Tangerang Selatan, Banten. Sosialisasi dan edukasi nilai cinta damai sosial religiusl melalui media sosial tiktok dan youtube; Evaluasi dan refleksi yaitu evaluasi ketercapaian luaran dan target kegiatan kegiatan melalui survey terkait implementasi Pendidikan karakter cinta damai sosial relegius pada era digital dalam mencegah perilaku bullying pada SMK Putra Pertiwi. Hasil Kegiatan PKM: 1) Persiapan, 2) Pelaksanaan layanan mengajar dan evaluasi mendapat respon yang sangat baik dari siswa yang pernah menjadi pelaku dan korban bullying. Hasil evaluasi yaitu peserta lebih memahami meyakini bahwa tindakan bullying tidak baik, menyakiti korban, tidak disukai Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan akan memberikan sanksi kepada orang yang melakukan bullying, Tuhan akan memaafkan orang yang melakukan bullying dengan taubat, dan berjanji tidak akan melakukan pengulangan lagi.

References

Barboza, G. E., Schiamberg, L. B., Oehmke, J., Korzeniewski, S. J., Post, L. A., & Heraux, C. G. (2009). Individual characteristics and the multiple contexts of adolescent bullying: An ecological perspective. Journal of youth and adolescence, 38(1), 101-121.

Coloroso, B. (2003). The Bully, The Bullied, and The Bystander: from Preschool to High School-How Parents and Teachers can Help Break the Cycle of Violence. New York: Harper Collins Publishers.

Damm, K. L., & Kulik, J. A. (2005). Volunteer support, marital status, and the survival times of terminally ill patients. Health Psychology, 24(1), 225-229. http://dx.doi.org/10.1037/0278-6133.24.2.225

Fajrussalam, H. et al. (2020). Inovasi Pesantren Ramadhan Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2).

Ginanjar, A. (2001). Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Rahasia Suskses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual. Jakarta: Arga Publishing.

Manap, Abdul. (2015). Pendidikan Karakter. Edisi Pertama. Jakarta: Media Jaya Print.

-----------------. (2016). Membangun Karakter Bangsa. Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.

-----------------. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.

-----------------. (2017). Revolusi Mental Kinerja Kepolisian. Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.

-----------------. (2021). Manajemen Kewirausahaan Era Digital. Jakarta: Mitra Wacana Media

¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬-----------------. (2023). Pemerkasaan Bisnis Era Digital. Palangkaraya: Ruang karya.

-----------------. (2023). Analysis of The Influence of Brand Ambassador in Building Brand Image on The Purchase Decision of Samsung Smartphone Products Customers.

Supriyanto, A., Hardi, P. & Amien, W. (2018). Identifikasi Perilaku Bullying di Tingkat Sekolah Menengah. Jurnal Fokus Konseling, 4(2).

Syahrir, A., Rahem, A., & Prayoga, A. (2020). Religiositas Mahasiswa Farmasi UIN Malang Selama Pandemi Covid-19. Journal of Halal Product and Research, 3(1).

Vaillancourt, T., Brittain, H., Bennett, L., Arnocky, S., McDougall, P., Hymel, S. & Cunningham, L. (2010). Places to avoid: Population-based study of student reports of unsafe and high bullying areas at school. Canadian Journal of School Psychology, 25(1), 40-54.

Wahyuni, I., Sutarno, A. R. (2020). Hubungan Tingkat Religiusitas Dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Di Masa Pandemicovid-19. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad , 13(2).

Yola, Arifianto, A.Y. et al. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Membangun Kerohanian Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Agama Kristen Regula Videi, 5(2).

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Yuliasari, I. ., Ayuni , N. E. ., Wiliantara, M. ., Indah, M. ., & Kwartama, A. . (2024). WORKSHOP IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS CINTA DAMAI SOSIAL RELIGIUS UNTUK MENGHINDARI BULLYING PADA SMK PUTRA PERTIWI KOTA TANGERANG SELATAN, BANTEN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4209–4215. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28285