MENGASAH KOMPETENSI GURU MATEMATIKA MTS SE-KOTA BANDUNG MELALUI WORKSHOP PENGEMBANGAN INSTRUMEN NUMERASI KONTEN ALJABAR TIPE AKM

Authors

  • Nusrotul Bariyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Amelia Defrianti Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Irma Amelia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Asep Simbolon Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nelma D Lethulur Universitas Pendidikan Indonesia
  • Idris Iskandar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Epran Epran Universitas Pendidikan Indonesia
  • Andi Sugianto Universitas Pendidikan Indonesia
  • Jarnawi Afgani Dahlan Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34555

Keywords:

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Instrumen Numerasi, Konten Aljabar, Kompetensi Guru, Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM)

Abstract

Kemampuan untuk memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep aljabar menjadi kunci dalam pengembangan kemampuan berpikir analitis dan pemecahan masalah yang kompleks. Oleh karena itu, kompetensi guru dalam mengajar aljabar, seperti menyusun instrumen, sangat penting untuk memastikan bahwa siswa dapat memahami dan menguasai materi ini dengan baik. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan (workshop) yang memadukan pendekatan daring dan luring. Workshop ini bertujuan untuk mengasah kemampuan guru matematika Madrasah Tsanawiyah (MTs) se-Kota Bandung dalam menyusun Instrumen Numerasi Konten Aljabar Tipe AKM (Asesmen Kompetensi Minimum). Hasil dari workshop telah berhasil mengembangkan 10 instrumen konten aljabar tipe AKM yang valid. Selanjutnya soal diujicobakan kepada 30 siswa. Hasil analisis soal menunjukkan bahwa 18 siswa (60%) berada dalam kategori rendah, sementara 6 siswa (20%) berada dalam kategori sedang, dan 6 siswa (20%) lainnya berada dalam kategori tinggi. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan dalam proses pembelajaran.

References

Amany, A. (2020). Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran daring pelajaran matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(02), 1–11.

Aprilianti, W., Hamdu, G., & Mulyadiprana, A. (2022). Kemampuan guru sekolah dasar dalam mengembangkan soal tes literasi numerasi berbasis education for sustainable development. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1408–1416. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2139

Arya, G. N., Wangsa, S., Dantes, N., Suastra, I. W.,(2021). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar ipa kelas V Sd Gugus Iv Kecamatan Gerokgak. 5(1). https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i1.267

Boud, D. , & Falchikov, N. (Eds. ). (2007). Rethinking assessment in higher education: Learning for the longer term. (14th ed., Vol.4). Routledge.

Fadillah, A., & Ni’mah. (2019). Analisis literasi matematika siswa dalam memecahkan soal matematika PISA konten change and relationship. Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(2), 127–131.

Hutauruk, L. (2018). Kemampuan penalaran matematika siswa pada materi spldv dengan menggunakan budaya khas palembang yang berbasiskan taksonomi solo superitem siswa kelas ix. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas Pgri Palembang, 466–473.

Jahring, J., Herlina, H., Nasruddin, N., & Astrinasari, A. (2022). Pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran matematika berbasis online menggunakan aplikasi quizizz. aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 872. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4932

Komang Sukendra, I., & Sumandya, W. (2020). Analisis problematika dan alternatif pemecahan masalah pembelajaran matematika di SMP. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 177–186. https://doi.org/10.5281/zenodo.4299433

Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Pengembangan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan teori krulik dan rudnick: analisis validitas konten. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 326–339. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1761

Murni, V., Nendi, F., Jundu, R., Men, F. E., Pantaleon, K. V., Jehadus, E., & Jeramat, E. (2022). Pelatihan penyusunan instrumen asesmen kompetensi minimum (AKM) Di Smk Bina Kusuma Ruteng. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(8), 2694–2715. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i8.6031

Novita, N. (2022). Pelatihan Pengembangan Soal Matematika Dan Sains Berbasis Numerasi Pada Guru Untuk Menunjang Asesmen Nasional. 6(1). https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7761

OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia PUBE. Diunduh dari: https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

Pusmendik. (2023, November). Asesmen Kompetensi Minimum. Diunduh dari: https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/page/asesmen_kompetensi_minimum

Teresa, Helyana, Zubaidah, Nursangaji, & Asep. (2020). Kemampuan menyelesaikan soal pisa pada konten change and relationship. Alpha Euclid Edu., 1(2), 60–68.

Trebeck, K., Higgins, B., Huw Aaron, & Murdie, A. (2021). A series of thematic reports from the OECD Education 2030 project.

Wangge, M., Al Jupri, & Turmudi. (2024). Optimasi instrumen tes pemahaman konsep bentuk dan operasi aljabar. Euclid, 10(4), 713–726. https://doi.org/10.33603/k392n535

Downloads

Published

2024-10-15

How to Cite

Bariyah, N., Putri, A. D. ., Amelia, I. ., Simbolon, A. ., Lethulur, N. D. ., Iskandar, I. ., … Dahlan, J. A. . (2024). MENGASAH KOMPETENSI GURU MATEMATIKA MTS SE-KOTA BANDUNG MELALUI WORKSHOP PENGEMBANGAN INSTRUMEN NUMERASI KONTEN ALJABAR TIPE AKM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 9877–9883. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i5.34555

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.