PELATIHAN NAIL ART & DIGITAL MARKETING BAGI GURU SMK KECANTIKAN SE SUMATERA BARAT UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Vici Syahril Chairani Universitas Negeri Padang
  • Murni Astuti Universitas Negeri Padang
  • Lativa Mursyida Universitas Negeri Padang
  • Rima Agustia Utami Universitas Negeri Padang
  • Rani Kartika Universitas Negeri Padang
  • Siti Hajar Thaitami Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41562

Keywords:

SMK, Kecantikan, Merias_Kuku, Pemasaran_Digital

Abstract

Guru-guru SMK Kecantikan di Sumatera Barat menghadapi tantangan dalam mengajarkan mata pelajaran Perawatan Tangan dan Kaki serta Merias Kuku (Nail Art) yang diperkenalkan dalam Kurikulum Merdeka. Kesulitan ini muncul karena para guru belum memiliki keterampilan dalam nail art dan belum mendapatkan pelatihan khusus terkait teknik merias kuku. Padahal, mata pelajaran ini telah dimasukkan dalam Kurikulum Merdeka dan harus dipelajari oleh seluruh siswa SMK Tata Kecantikan, termasuk yang ada di Sumatera Barat. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru SMK Kecantikan dalam mengajarkan mata pelajaran perawatan tangan, kaki dan merias kuku, serta meningkatkan kompetensi digital guru dalam memanfaatkan media sosial untuk promosi jasa-jasa kecantikan yang ada di salon SMK Kecantikan. Metode pelaksanaan PkM ini menggunakan sosialisasi, demonstrasi dan praktek, yang dilakukan dalam tiga tahapan yakni persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil PkM ini menunjukan bahwa kegiatan pelatihan perawatan tangan, kaki dan merias kuku serta pelatihan digital marketing untuk pembuatan konten promosi salon SMK kecantikan memberikan manfaat dan sangat berguna bagi guru.

References

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi. (2022). Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Tahun 2020-2024.

Gaurav Rayakwar. (2024, March 1). Digital Marketing For Students Complete Guide. Https://Iimskills.Com/. https://iimskills.com/digital-marketing-for-students-complete-guide/

Kuswantoro, A., Widodo, J., & Kuswardinah, A. (2012). Journal of Educational Research and Evaluation PERENCANAAN TEACHING FACTORY DALAM UPAYA MENANAMKAN NILAI-NILAI ENTERPRENEURSHIP DI SMK NEGERI 6 SEMARANG. In JERE (Vol. 1, Issue 2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere

LN-TechInfo. (2024, March 4). Why Digital Marketing Is Important For Students? Linked In. https://www.linkedin.com/pulse/why-digital-marketing-important-students-ln-techinfo-hxqnf/?trk=article-ssr-frontend-pulse_more-articles_related-content-card

Navya Shetty. (2023, July 10). How Digital Marketing help Students. Linked In. https://www.linkedin.com/pulse/how-digital-marketing-help-students-navya-shetty/

Nurtanto, M., Ramdani, S. D., & Nurhaji, S. (2017). Pengembangan Model Teaching Factory di Sekolah Kejuruan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Untirta, 447–454.

Perdana, N. S. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Model Teaching Factory dalam Upaya Peningkatan Mutu Lulusan. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 7(1), 43–57.

Reftiana, A., Indah, R., & Rifatin Cholidia. (2024). Pengembangan Manajemen Model Teaching Factory Salon Kecantikan dan SPA di Era Globalisasi. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan, 50–58.

Sari, A. K., Giatman, M., & Ernawati, E. (2022). Manajemen pembelajaran teaching factory dalam meningkatkan kompetensi keahlian siswa jurusan tata kecantikan di sekolah menengah kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 148. https://doi.org/10.29210/30031696000

Setiawan, S. A. (2018). Mengoptimalkan Bonus Demografi Untuk Mengurangi Tingkat Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Analis Kebijakan |, 2(2).

Sudiyono, S. (2019). Teaching Factory Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Lulusan di SMK. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 12(2), 159–181.

Downloads

Published

2025-01-07

How to Cite

Chairani, V. S., Astuti, M., Mursyida, L., Utami, R. A., Kartika, R., & Thaitami, S. H. (2025). PELATIHAN NAIL ART & DIGITAL MARKETING BAGI GURU SMK KECANTIKAN SE SUMATERA BARAT UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 241–248. https://doi.org/10.31004/cdj.v6i1.41562

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.