PENERAPAN STRATEGI THE LEARNING CELL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ARTIKEL DALAM MEDIA CETAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1887Keywords:
Learning Cell, Kemampuan Membaca Artikel, Media CetakAbstract
Bahasa merupakan salah satu bentuk komunikasi yang disampaikan kepada orang lain. Pada dasarnya kemampuan bahasa itu meliputi empat jenis yakni kemampuan menyimak, kemampuan membaca, kemampuan berbicara dan kemampuan menulis. Sala satu aspek yang menjadi objek dalam penelitian ini yaitu membaca. Membaca merupakan suatu proses yang dilakukan serta digunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulis. Oleh sebab itu, keterampilan di sekolah hendaknya diperhatikan para pendidik karena kegiatan tersebut bertujuan untuk mendapatkan informasi terhadap isi teks bacaan. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu membantu para guru untuk menerapkan strategi pembelajaran, serta untuk mendeskripsikan penerapan strategi the learning cell terhadap kemampuan membaca artikel dalam media cetak dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan teknik analisis data dalam penelitian ini ada dua, yakni analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif, dengan prosedur reduksi data yaitu menyeleksi dan mengelompokkan data berdasarkan informasi dan diorganisasikan sesuai dengan pertanyaan peneliti; paparan data, yaitu bahwa data yang sudah terorganisasi dikelompokkan atau dideskripsikan sampai bermakna dalam bentuk tabel atau grafik ataupun dinarasikan; penyimpulan, yaitu bahwa berdasarkan paparan yang telah dibuat ditarik suatu kesimpulan dalam bentuk pernyataan atau formula singkat.References
Bawamenewi, Arozatulo. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Memprafrasekan Puisi “Aku†Berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 310-323.
Bawamenewi, Arozatulo. (2020). Analisis Tindak Tutur Bahasa Nias Sebuah Kajian Pragmatik. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 3(2), 200-208. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/1217/961
Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Djiwandano, Soenardi. (2011). Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Malang: IKAPI.
Kamaroesid, Herry. (2009). Menulis Karya Ilmiah untuk Guru. Jakarta: Gaung Persada.
Mahayati. (2009). Membaca Modalmu untuk Masa Depan. Jakarta Selatan: Buana Cipta Pustaka.
Mawadah, Ade Husnul. (2011). Panduan Pendidikan: Strategi Belajar Mengajar Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta Timur: PT. Multazam Mulia Utama.
Mulyati, Yeni. (2002). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rasyid, Mansur. (2009). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV. Wacana Prima.
Sadiaman, Arif S, dkk. (2010). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatanya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sanaki, Hujair AH. (2011). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kaukaba.
Semi, Antar. 1995. Teknik Penulisan Berita, Features, adan Artikel. Bandung: Mugantara.
Soedarso. (2005). Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umar.
Sudjana. (2001). Metode dan Teknik Pembelajaran Parsitipasif. Bandung: Falah Production.
Sukaryana, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Univerisitas Malang.
Suranto, dkk. (2008). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendekia.
Sutjipto Bambang, Kustandi Cecep. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Tampubolan, DP. (2002). Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efesien. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. (2005). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbaha. Bandung: Angkasa.
Wena, Made. (2008). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.
Zaini Hisyam, dkk. (2010). Strategi Pembelajaran Aktif. Jakarta: Depdiknas.