ANALISIS TINDAK TUTUR BAHASA NIAS SEBUAH KAJIAN PRAGMATIK

Authors

  • Arozatulo Bawamenewi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, IKIP Gunungsitoli

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1217

Keywords:

Tindak, Tutur, Pragmatik

Abstract

Penggunaan bahasa dalam berkomunikasi memerlukan dua sarana penting, yakni sarana linguistik dan sarana pragmatik. Sarana linguistik berkaitan dengan ketepatan bentuk dan struktur bahasa, sedangkan sarana pragmatik berkaitan dengan kecocokan bentuk dan struktur dengan konteks penggunaannya. Kendala pada sarana linguistik lebih sering dihadapi oleh pembelajar bahasa Indonesia pemula, sedangkan sarana pragmatik lebih sering menjadi kendala bagi pembelajar tingkat menengah dan tingkat lanjut. Melihat kenyataan seperti itu, kaum semantik generatif berusaha keras untuk bisa menemukan batasan yang jelas antara semantik dan pragmatik dalam arti yang luas. Secara umum metode penelitian diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu: (1). Untuk data yang diperoleh sebagai temu bual, dilakukan implikasi daripada bahan serta klarifikasi kumpulan sesuai dengan materi kajian,dan (2). Data kualitatif daripada sumber primer maupun sekunder diberikan penafsiran secara kualitatif. Penggunaan angka hanya sebatas angka persentase.

Author Biography

Arozatulo Bawamenewi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, IKIP Gunungsitoli

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, IKIP Gunungsitoli

References

Azman, A., Ambiyar, Simatupang, W., Karudin, A., Dakhi, O. (2020). Link And Match Policy In Vocational Education To Address The Problem Of Unemployment. International Journal Of Multi Science, 1(6), 76-85.

Bertens, K. (2004) Etika. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Bawamenewi, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Memprafrasekan Puisi “Aku†Berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 310-323.

E. Kosasih. (2003) Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Yrama Widya, Bandung.

Fajra, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Model Pengembangan Kurikulum Sekolah Inklusi Berdasarkan Kebutuhan Perseorangan Anak Didik. Jurnal Pendidikan 21 (1), 51-63. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.746.2020

Fajra, M., Ambiyar, A., Rizal, F., & Dakhi, O. (2020). Pengembangan Model Evaluasi Kualitas Output Pembelajaran Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Kota Padang. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 14(1), 1-9. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v14i1.1480

Ferdiansyah, Ambiyar, Zagoto, M. M., Putra, I E D., (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 21(1), 062-072. DOI: https://doi.org/10.24036/komposisi.v21i1.108082

Juanda, A; Rosdianto, K. (2006) Intisari Bahasa Indonesia Untuk SMA. Pustaka Setia, Bandung.

Kosasih (2003) Kompetensi Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Yrama Widya, Bandung.

Maryaeni (2005) Metode Penelitian Kebudayaan. Bumi Aksara, Malang.

Maryani, Yani & Mumu (2005) Intisari, Bahasa Dan Sastra Indonesia Untuk SMA. Pustaka Setia, “tanpa kotaâ€.

Masril, M., Dakhi, O., Nasution, T., Ambiyar. (2020). Analisis Gender Dan Intellectual Intelligence Terhadap Kreativitas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18 (2), 182-191. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1847

Masril, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kurikulum 2013 Di SMK Negeri 2 Padang. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran , 12 (1), 12-25.

Napitupulu, V. (1988) Filsafat Pendidikan. Bumi Agung, Medan.

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, M.M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, 6 (1); 90-96. Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.

Zagoto, Maria M., Nevi Yarni & Dakhi, O (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.

Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.

Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018.

Downloads

Published

2020-12-03

How to Cite

Bawamenewi, A. (2020). ANALISIS TINDAK TUTUR BAHASA NIAS SEBUAH KAJIAN PRAGMATIK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 200–208. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1217