ANALISIS KESIAPAN GURU KELAS DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 006 BANGKINANG

Authors

  • Imam Hanafi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.630

Keywords:

Pendidikan, guru, pembelajaran tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik di kelas satu SDN 006 Bangkinang Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas satu, siswa kelas satu, dan kepala sekolah. Objek penelitian ini berupa bentuk untuk kesiapan guru kelas dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas satu sudah membuat perencanaan pembelajaran berupa RPP. Pelaksanaan pembelajaran guru kelas satu sudah menggunakan pendekatan saintifik walau tidak urut 5M serta sudah mengacu rambu-rambu dan prinsip pembelajaran tematik. Guru kelas satu menggunakan penilaian autentik yang menilai aspek sikap dengan observasi, aspek pengetahuan dengan tes tertulis serta penugasan, dan aspek keterampilan dengan unjuk kerja.

Author Biography

Imam Hanafi, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Afifudin, dan Saebani, B. A. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Pustaka Setia.

Ahmadi, K. I, dan Amri, S. (2014). Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta : PT Prestasi Pustakaraya.

Amalia R. (2018). Analisis Kompetensi Guru dalam Pengelolaan Kelas di SDN 006 Langgini Bangkinang Kota, skripsi, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Skripsi Tidak Dipublikasikan.

Aziz, H. A. (2019). Karakter Guru Profesional. Jakarta Selatan : Al-Mawardi Prima.

Darmadi. (2018). Guru Abad 21 Perilaku dan Pesona Pribadi. Lampung Tengah : Geupedia.

Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu Terintegrasi (Kurikulum 2013). Yogyakarta : Gava Media.

Fujiawati, F. S. (2015). Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni. Vol 1, (1), (19).

Hasbullah. (2013). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Kadir, A, dan Asrohah, H. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Malawi, I, dan Kadarwati, A. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Jawa Timur : CV AE Media Grafika.

Meleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mudri, M. W. (2010). Kompetensi Guru Sebagai Pendidikan. Jurnal Falasifa. Vol 1, (1), (116).

Rahmat, S. R. (2009). Penelitian Kualitatif. Equilibrium. Vol 5, (9), (6).

Downloads

Published

2019-12-28

How to Cite

Hanafi, I. (2019). ANALISIS KESIAPAN GURU KELAS DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 006 BANGKINANG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 303–309. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.630