PERSEPSI SISWA TERHADAP PELAKSANAAN P5 UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI DAN KARAKTER PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i4.52964Keywords:
Karakter, Kompetensi, Pelajar Pancasila, Persepsi, Projek P5Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan hubungannya dengan pencapaian kompetensi serta karakter peserta didik di SMK Negeri 60 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 104 peserta didik kelas X dan XI Program Keahlian Kuliner yang telah mengikuti pelaksanaan P5 dengan tema kebekerjaan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dan analisis data mencakup analisis deskriptif, uji normalitas, linearitas, heteroskedastisitas, korelasi Product Moment, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan P5 berada dalam kategori baik dengan skor rata-rata 3,89. Demikian pula, pencapaian kompetensi dan karakter peserta didik memperoleh skor rata-rata 4,01 dan masuk kategori baik. Hasil analisis korelasi menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara pelaksanaan P5 dengan pencapaian kompetensi dan karakter peserta didik (r = 0,887). Kontribusi pelaksanaan P5 terhadap pencapaian kompetensi dan karakter sebesar 78,44%, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.References
Aji, W. T., & Rosiana, M. (2024). Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Pandangan Filsafat John Dewey. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(4), 262–278. https://doi.org/10.62383/hardik.v1i4.825
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 5–31.
Cahyaningrum, D. E., & Diana. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453
Chairiyah. (2014). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan.
Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 8, Nomor 1).
Farida, S. I., Tajuddien, R., & Manik, C. D. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi Murid MTs. Baitis Salmah Ciputat dalam Menciptakan Generasi Sumber Daya Manusia yang Unggul. Indonesian Journal of Society Engagement, 3(2), 91–105. https://doi.org/10.33753/ijse.v3i2.84
Febriani, S. W., Ayundasari, L., Sayono, J., & Utami, I. W. P. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Kejuruan. Indonesian Journal of Instruction, 5(3), 452–460. https://doi.org/10.23887/iji.v5i3.82766
Hutabarat, E. J., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Memahami Peran Pendidikan di Era Post Modern Melalui Pandangan John Dewey. Jurnal Kolaboratif Sains, 6, 1572–1578. https://doi.org/10.56338/jks.v6i11.4403
Irawan, V. W. E. (2018). Urgensi Persepsi Peserta Didik dalam Menilai Kompetensi Dosen. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Keagamaan, 07(1), 148–8.
Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. (2024).
Kurniasih, A. D. (2021). Aktualisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Astha Brata Untuk Mewujudukan Profil Pelajar Pancasila Melalui Sekolah Penggerak.
Maisaroh, A. A., & Untari, S. (2024). Transformasi Pendidikan Karakter Melalui Kebijakan Pemerintah di Indonesia Menuju Generasi Emas 2045. Jurnal Kebijakan Pemerintah, 1, 18.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (21M). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 29–40.
Ananda Hulwatun Nisa, Hidayatul Hasna, & Linda Yarni. (2023). Persepsi. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2.
Nisa, A. K., & Dumiyati. (2023). Keterlaksanaan Implementasi Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dewantara, 9(2), 115–122. https://doi.org/10.55933/jpd.v9i2.633
Nugroho, W. (2022). Integrasi Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Vokasi di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan kejuruan, 2(1), 73–74.
Nursa, R. A. (2021). Analisis persepsi peserta didik terhadap bimbingan dan konseling di SMAN 1 Tapan. Journal of Islamic Education and Innovation, 2(1), 70–78.
Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. (2024).
Pratama, R., & Febriani, E. A. (2024). Kendala-kendala dalam Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal di SMAN 2 Kinali. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(4), 366–376. https://doi.org/10.24036/nara.v3i4.239
Purnawanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka.
Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309–3321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5030
Qulsum D.U, & Hermanto. (2022). Peran Guru Penggerak Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Ketahanan Pendidikan Karakter Abad 21. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(3). https://doi.org/10.22146/jkn.71741
Riza, F., & Yoto. (2023). Membangun Kecerdasan Emosional Siswa SMK untuk Menjawab Tantangan Industri Modern. Brilliant : Jurnal Riset dan Konseptual, 940–947. https://doi.org/10.28926/briliant.v8i4
Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27, 230–249. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Sari, C. F., Assajad, I. M., & Ansori, M. I. (2023). Kompetensi Individu (Individual Competence). Jurnal Ilmiah dan Karya Mahasiswa.
Sari, D. A., Susanti, S., & Meilinda. (2023). Kajian Hakikat Kebhinekatunggalikaan dan Penghayatan Nilai Pancasila di Lingkungan SMK Srijaya Negara Palembang. Dalam Jurnal Pengabdian West Science (Vol. 2, Nomor 01).
Setiawan, A. (2024). Statistik Untuk Penelitian.
Shambodo, Y. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Khalayak Mahasiswa Pendatang Ugm Terhadap Siaran Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 98.
Suci Lestari, I., Nur Adi, P., Zahara Saragih, S., & Baynal Hubi, Z. (2025). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Perspektif Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(1).
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309
Ulfah, N., Sumardiyani, L., Ardini, S. N., & Pramesti, M. R. D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Tema Suara Demokrasi di SMK Negeri 6 Semarang. PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 455–462. https://doi.org/10.55681/primer.v1i4.178
Waruwu, M., Pu’at, S. N., Utami, P. R., Yanti, E., & Rusydiana, M. (2025). Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 917–932. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3057
Wulandari, T., & Wijayanti, A. T. (2016). Persepsi Peserta Didik Tentang Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPS di SMP Se-Kecamatan Kretek, Bantul. JIPSINDO, 78.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nova Heradianti, Annis Kandriasari, Rusilanti Rusilanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




