PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK

Authors

  • Fathurrahman Nul Hakim Universitas Islam Jakarta
  • Nadiah Nadiah Universitas Islam Jakarta
  • Maria Ulfah Universitas Islam Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50802

Keywords:

Media Pembelajaran, Kreativitas, Media Canva, Peserta Didik

Abstract

Latar belakang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan kreativitas peserta didik di SMK Pelita Tiga Jakarta. Kreativitas merupakan salah satu keterampilan penting abad 21 yang perlu dikembangkan sejak dini, terutama dalam lingkungan sekolah menengah kejuruan yang menuntut siswa mampu berpikir inovatif dan solutif. Peneliti telah melakukan observasi sederhana bahwasanya di SMK Pelita Tiga Jakarta masih terdapat peserta didik yang kesulitan dalam pembelejaran menggunakan media pembelajaran terutama media Canva. Oleh karena itu alasan peneliti ini karena ingin mengetahui bagaimana Guru dan Kepala Sekolah mengatasi dalam hal ini, apa saja hambatan serta Solusi yang pihak sekolah dan berikan. Yang bertujuan agar peserta didik tetap mendapatkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran dengan maximal selama proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru, peserta didik, dan kepala sekolah. Media pembelajaran yang diterapkan mencakup media digital seperti Canva, video pembelajaran interaktif, dan presentasi kreatif berbasis teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran secara efektif dapat mendorong partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran, meningkatkan minat belajar, serta memberi ruang bagi siswa untuk mengekspresikan ide dan gagasan secara mandiri. Kreativitas peserta didik terlihat melalui kemampuan mereka dalam merancang tugas visual, menyampaikan pendapat, dan menciptakan solusi dari permasalahan yang diberikan. Dengan demikian, media pembelajaran terbukti memiliki peran penting dalam mendukung peningkatan kreativitas peserta didik. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat terus mengembangkan dan memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif agar proses belajar menjadi lebih menyenangkan, bermakna, dan relevan dengan perkembangan zaman.

References

Afianti, D. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Proses Pembelajaran. 9–16.

Afifah, I., & Kunaenih, K. (2023). Pengaruh Sekolah Ramah Anak Terhadap Motivasi Belajar Siswa ( Studi Analisis Smkn 40 Jakarta ). Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(1), 445–450. https://doi.org/10.55338/saintek.v5i1.1384

Afifatur Rohmah, Y. M. (2024). Jurnal Riset Islam DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL. Jurnal Riset Islam, 7, 31–42.

Ali, M. & Asrori, M. (2017). Psikologi remaja perkembangan peserta didik. Bumi Aksara.

Ananng Fathoni. (2017). Media dan Pendekatan Pembelajaran di Era Digital (Vol. 01).

Anjani, F. (2024). Membangun Motivasi Intrinsik dalam Pembelajaran: Strategi Efektif dari Teori hingga Praktik. CV. Garuda Mas Sejahtera.

Arianti, A. (2019). “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Kependidikan, 12(2), 5.

ARIANTI, A. (2019). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. DIDAKTIKA.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Astutik, S. (2021). PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DAN POWER POINT DALAM MATA PELAJARAN TIK KELAS VII DI SMP NEGERI 1 GURAH. 4(2).

AZIS, A. L. (2017). PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI BISNIS KELAS X PESERTA DIDIK KELAS X DI SMKN 4 MAKASSAR. BMC Public Health, 5(1), 1–8.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al - Tadzkiyyah. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Catur Rohmiasih, Catur Rohmiati, S. S. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Canva Sebagai Upaya Mewujudkan Transformasi Pendidikan. 69–73.

Chamidah, S. N. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva dan Padlet Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Teks Caption. Jurnal Dharma Pendidikan STKIP PGRI Nganjuk, 17(1).

Dyan Yuliana, Arico Ayani Suparto, Siti Seituni, S. S. (2023). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA VIDEO. 6, 247–257.

Dyan Yuliana, Arico Ayani Suparto, S. S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Canva pada Mata Pelajaran TIK Kelas VII MTs Al-Hidayah. April, 34–50.

Elmira Siska, N. M. R. N. (2021). Sosialisasi Pelaksanaan Protokol Kesehatan pada Masa New Normal dan Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Digital Marketing di Panti Sosial Asuhan Anak Muslimin Manggarai Selatan Tebet. Jurnal Abdimas Perbanas, 1–16.

Elsa, E., & Anwar, K. (2021). ”The Perception of Using Technology Canva Application as a Mediafor English Teacher Creating Media Virtual Teaching and English Learning in LoeiThailand”. Journal of English Teaching Literature, and Applied Linguistics, 5(1), 62.

Fadillah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2).

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200

Fatmawati, U. K., Bayarri, G., Bishop, T., Carloni, P., Cheatham, T. E., Collepardo-Guevara, R., Czub, J., Espinosa, J. R., Galindo-Murillo, R., Harris, S. A., Hospital, A., Laughton, C. A., Maddocks, J. H., Noy, A., Orozco, M., Pasi, M., Pérez, A., Petkevičiūtė-Gerlach, D., Sharma, R., … Crothers, D. M. (2019). Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Fiqih. Nucleic Acids Research, 6(1), 1–113.

Fatmawiyati, J., Psikologi, M., & Airlangga, U. (2016). TELAAH KREATIVITAS. 1–21.

Fitri, F. H., & Mudinillah, A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA TINGKAT SD/MI DIRASATUL IBTIDAIYAH. 255–268.

Hadi, F. N., & Ulfah, M. (2024). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Memotivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 194 Jakarta. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 5(6), 222.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safi, M., Munsarif, M., Jamaludin & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Hariawan, H., & S. K. (2022). Canva Application as a Learning Media for Human Anatomy Physiology. Integrated Nursing Journal, 4(2), 77–83.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T.K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

Helmawati. (2016). Pendidikan Keluarga. PT. Remaja Rosdakarya.

Hj. Ainun Jariah, M. P. (2021a). Peningkatan Kreativitas dan Inisiatif Guru Pendidikan Agama Islam. TIM RUANG KARYA.

Hj. Ainun Jariah, M. P. (2021b). PENINGKATAN KREATIVITAS DAN INISIATIF GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. ALRA MEDIA.

Ika, L. (2019). Kreativitas Dalam Konteks Pembelajaran. In Erzatama Karya Abadi (Issue August).

Istiqomah, Nur, A., Lestari, W., Tria Anggraeni, F., & Tri Puji Utami, W. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kreativitas Guru dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Di SD Negeri 3 Brosot. Ciencias: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 6, No(2), 10–18.

Johan Reimon Batmetan, S.Pd., M. T. (2023a). Kreativitas dan Inovasi di Perguruan Tinggi (M. P. Dr. Jeffry S.J. Lengkong, M.Pd. Dr. Viktory N.J. Roty, M. Teol. (ed.); 1st ed.). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Johan Reimon Batmetan, S.Pd., M. T. (2023b). KREATIVITAS DAN INOVASI DI PERGURUAN TINGGI (M. P. Dr. Jeffry S.J, Lengkong, M.Pd. Dr. Viktory N.J. Roty, M.Teol. (ed.); 1st ed.). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Kharissidqi, M. T., Firmansyah, V. W., Islam, U., Maulana, N., Ibrahim, M., Malang, K., & Timur, J. (2022). APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA. 2(4), 108–113.

Kim, M., R. & C. (2016). Creativity of Gifted Student in an Integrated Math-Science Instruction. Journal of Skill and Creativity, 19, 38–48.

Laesti Nurishlah, Anisa Nurlaila, M. R. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN MOTIVASI INSTRINSIK DI DALAM PEMBELAJARAN SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Murabbi, 2, 60–71.

Mandailina, V., & Syaharuddin. (2024). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kebijakan Sekolah terhadap Kreativitas Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Seminar Nasional Paedagoria Universitas Muhammadiyah Mataram Mataram, 4, 36–47.

Maolida, Elis Homsini, dan V. A. S. (2021). “Canva and Screencast O-Matic Workshop for Classroom Purpose: A Community Service for Madrasah Ibtidaiyah Teachers.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 54–60.

Miftah, M. (2014). Pemanfaatan media pembelajaran untuk peningkatan kualitas belajar siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 1–12.

Monawati., M., & Fauzi., F. (2018). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 33–43. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12195

Murayama, K., FitzGibbon, L., & Sakaki, M. (2019). Process account of coriosity and interest: A reward-learning perspective. Educational Psychology Review, 875–895.

Musa, A. Y. M. bin. (n.d.). Tafsir Hidayatul Ihsan (2nd ed.).

Mustofa Abi Hamid et al. (2020). Media Pembelajaran (T. Limbong (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Nahuda, N., Kunaenih, K., Yatin, R. M., Maulidya, Y., Haniefa, M., Aulia, A., & Putri, N. Z. H. (2023). Pelatihan Canva sebagai Strategi Meningkatkan Kreatifitas di SMA Negeri 1 Pare Kediri. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(5), 523.

Naim, N. (2017). Menjadi Guru Inspiratif. Pustaka Pelajar.

Nisaurrasyidah, I., Soeteja, Z. S., & Prawira, N. G. (2021). Penggunaan Media Wordwall Saat Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Di Smp. In Gorga : Jurnal Seni Rupa (Vol. 10, Issue 2). https://doi.org/10.24114/gr.v10i2.27502

Nur Azizah, S. (2021). Media Pembelajaran Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadits. Jurnal Literasiologi, 6(1), 130–154. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v6i1.242

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran. Jejak Publisher.

Nurjannah, S., & Nadiah, N. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di SMKN 7 Jakarta. Journal on Education, 6(4), 21306–21316. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6259

Nurjannah, S., & Nadiah. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis OnlineTerhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Di SMKN 7 Jakarta. Journal on Education, 06(04).

Nurul Audie. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Pelangi, G. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JENJANG SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 79–96.

Prasetyo, Y. D. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 01 Anak Ratu Aji. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/8015/1/Yusuf Dwi Prasetyo.pdf

Rahimi, Seyedahmad, dan V. J. S. (2021). “First Inspire, Then Instruct to Improve Students’ Creativity.”. Computers & Education.

Ravari, H.K., & Salari, P. (2015). Examining the Impact of Teacher’s Creativity on Learning Motive and Students Improvement. International Academic Journal of Social Sciences, 2(10), 11–19.

Rena Rismayanti.M, uhammad Aththar Rayhan., Qois Khairullah El Adzim., L. A. F. (2023). Pengaruh Motivasi Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(2), 251–261. https://doi.org/10.47233/jpst.v2i2.742

Renanda, R. (2014). Mencuri Kreativitas Desainer (Hardiansyah (ed.); 1,2). TransMedia Pustaka.

Renita Nur Rahmah, Tiara Rejeki, V. P. S. (2025). PEMANFAATAN CANVA DALAM PEMBELAJARAN INTERAKTIF : MENINGKATKAN KUALITAS. 6(1), 441–450.

Rohani. (2020). Media Pembelajaran. Repository.Uinsu, 234.

Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Deepublish.

Shuhra, W. (2017). TEORI - TEORI KREATIVITAS: MOTIVASI DORONGAN KREATIVITAS. Jurnal Pendidikan Guru, 11(22022047).

Sugianto, A. & B. (2018). Vol. 1, No. 3, November 2018 Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. 1(3), 3–7.

Sumberharjo. Putra, D. (2015). Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Di Taman Kanak-Kanak Tunas. Journal Speed, 7(3), 24.

Supatminingsih, T., Hasan, M., & S. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Media Sains Indonesia.

Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan. Psikologi Pendidikan.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan (H. Nurahayu (ed.)). Tata Akbar.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2).

Tholkhah, I., Norman, E., & Nadiah, N. (2022). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Digital pada SD Muhammadiyah Bojonggede Bogor. At-Tadris: Journal of Islamic Education, 2(1), 36–56.

Tonra, W. S., Angkotasan, N., Sari, D. P., Ikhsan, M., Khairun, U., & Id, W. A. (2023). Menjadi Guru Kreatif melalui Aplikasi Canva. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), 126–133.

Uno, Hamzah B., dan N. M. (2017). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Menarik. Bumi Aksara.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Yaumi, M. (2017). Ragam Media Pembelajaran: Dari Pemanfaatan Media Sederhana ke Penggunaan Multi Media. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699

Downloads

Published

2025-09-20

How to Cite

Hakim, F. N., Nadiah, N., & Ulfah, M. (2025). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 7635–7645. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.50802

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>