PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) KELAS V PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 101/II MUARA BUNGO

Authors

  • Aurel Debrina Sandra Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Nurlev Avana Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Abdulah Abdulah Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.49099

Keywords:

Model (ICM), Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match (ICM) Kelas V Pada Pembelajaran Matematika Di SDN 101/II Muara Bungo, penelitian ini berawal dari masalah masih banyaknya siswa yang menganggap bahwa pembelajaran matematikan adalah pembelajaran yang membosankan sehingga siswa malas dan tidak memahami dalam mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. Model pembelajaran yang digunakan guru juga masih model pembelajaran konvensional sehingga siswa kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimental Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VC berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Dalam pelaksanaan penelitian ini kedua kelas diberkan pretest sebelum mendapatkan perlakuan dan posttest setalah mendapatkan perlakuan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data yang diperoleh yaitu pretest dan postest dapat diketahui bahwa hasil analisis mann-whitney menunjukkan hasil nilai pretest bahwa p-value dari kelas eksperimen dan kontrol  0,051 yang menyatakan lebih besar dari pada 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa Ha ditolah dan Ho diterima sedangkan hasil nilai postest bahwa p-value dari kelas eksperimen dan kontrol  0,000 yang menyatakan lebih kecil dari pada 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya ada perbedaan yang signifikan hasil pretest dan postest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.

References

Adiguna Satrya Wibowo,(2018) “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match (ICM)Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Antena Di Kelas Xi A Teknik Audio Video Smk Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2017/2018

Ainur Rosidha,(2020) “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Make and Match Berbasis Media Kartu Pintar,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 7, no. 4:394.

Anjelina Putri, Swatra, And Tegeh, (2019): “Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas III Sd.” Journal For Lesson And Learning Studies 1, No. 1 : 22.

Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047–1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209

Anwar, Chairul. Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer, 1st ed. (Yogyakarta: IRCiSOD, 2019).

Anwar, Chairul (2019), “Pembelajaran Nilai di SMA Al-Kautsar Lampung Untuk Pembentukan Karakter,” Jurnal Pendidikan dan Praktek, Vol 6, No.8.

Apriyanti, A., Mukminin, A., & Hidayat, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match (Icm) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ips Kelas V Sd Islam Al Falah Jambi. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 6(1), 122–133. https://doi.org/10.22437/jptd.v6i1.13137

Aris Setianingsih, (2019) “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA,” Journal of Education Technology 3, no. 3: h 205.

Avana, N., Subhanadri, S., Ambiyar, A., Aziz, I., & Desmawati, D. (2023). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Di Kelas Iii Sd. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 230–239. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1039

AVANA, N., WIYOKO, T., & WULANDARI, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together Pada Siswa Kelas V Sdn 219/Ii Btn Lintas Asri Kecamatan Bungo Dani. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 87–96. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.254

Defi Yuniantika (2018):, “Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match (ICM)Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Sd N Wirokerten Yogyakarta,” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 4, No. 2 : 351.

Erlin Aprilianti (2021)., “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Index Card Match (ICM)Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi Kelas Xi Di Smas Perintis Tanjung Jabung Timur”

Etri Asih, (2019) “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match (ICM)Dalam Peningkatan Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas V Sdn Pesanggrahan 01 Tahun Ajaran 2013/2014.” Jurnal Kalam Cendekia 5, no.3: 2.

Etri, Asih, Tri Saputri Dan Joharman (2019):, “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match (ICM)Dalam Peningkatan Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas V Sdn Pesanggrahan 01 Tahun Ajaran 2018/2019,” Jurnal Kalam Cendekia 5, No. 3 2.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13.

Mikael Nesi, Maik Akobiarek, and Universitas Cenderawasih Jayapura (2018), “Pengaruh Minat Dan Penggunaan Metode Terhadap Hasil Belajar Ipa Biologi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Jayapura,” Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains 1, no. 1 : 81.

Munthe, Y. U., & Lubis, F. A. (2022). Pengaruh dan Efektivitas Media Sosial pada Proses Pengumpulan Zakat, Infaq, dan Sedekah: Studi Kasus di Lembaga Amil Zakat Al-Washliyah Beramal (LAZ WASHAL)) Sumatera Utara Yusnita. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 923–926.

Mutia Oktiani, (2021) “Penerapan Model Pembelajaran Icm Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Pemahaman Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan.” Jurnal ikra-ITH Informatika 5, no. 2 : 45.

Nadya Amalia Nadya Amalia Juana,(2020) “Pengaruh Strategi Pembelajaran Lightening The Learning (LLC) Ditinjau Dari Kepribadian Keirsey Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerik Matematis” : 1–104: 16

Nurdyansyah dan Eni Fariyatul Fahyuni,(2019) Inovasi Model Pembelajaran, (Sidoarjo: Nizmia Learning Center) 2019. 25.

Pandiangan, W. M., Siagian, S., & Sitompul, H. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 11(1), 86.

Downloads

Published

2025-08-06

How to Cite

Sandra, A. D., Avana, N., & Abdulah, A. (2025). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) KELAS V PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 101/II MUARA BUNGO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(3), 6952–6958. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i3.49099

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.