MEMBANGUN INTEGRITAS AKADEMIK: STUDI TENTANG ETIKA DALAM PENDIDIKAN TINGGI

Authors

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ali Usman Rangkuti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nayla Juwita Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rachmani Maqfiroh Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Saskya Jamal Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Syofiah Saragi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Witha Suriyani Sitepu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.48223

Keywords:

Integritas Akademik, Etika, Pendidikan Tinggi, Mahasiswa, Dosen, Plagiarisme

Abstract

Integritas akademik merupakan aspek penting dalam pendidikan tinggi yang menjamin kualitas dan kepercayaan terhadap institusi pendidikan. Jurnal ini membahas tentang pentingnya etika dalam pendidikan tinggi dan bagaimana membangun integritas akademik di kalangan mahasiswa dan dosen. Studi ini menggunakan metode analisis literatur dan studi kasus untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi integritas akademik dan strategi untuk meningkatkannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kebijakan etika akademik, seperti penggunaan perangkat lunak deteksi plagiarisme, sosialisasi kode etik, dan pendidikan etika, efektif dalam mencegah pelanggaran akademik. Namun, masih diperlukan peningkatan dalam edukasi dan pelatihan berkelanjutan untuk memperkuat budaya integritas. Pembahasan menegaskan pentingnya peran perguruan tinggi dalam menanamkan nilai moral dan etika sebagai fondasi membangun karakter akademik yang jujur dan bertanggungjawab. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis bagi perguruan tinggi untuk terus mengembangkan kebijakan dan program yang mendukung integritas akademik demi meningkatkan kualitas pendidikan dan reputasi institusi.

References

Arifin, Z. (2019). Peran Perguruan Tinggi dalam Menanamkan Nilai Etika. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(3), 301-310.

Bertram Gallant, T. (2017). Creating the Ethical Academy: A Systems Approach to Understanding Misconduct and Empowering Change.

Bretag, T. (2016). Challenges in addressing plagiarism in education. PLOS Medicine, 13(12), e1002183.

Fishman, T. (2014). The Fundamental Values of Academic Integrity. International Center for Academic Integrity.

Gallant, T. B. (2008). Academic Integrity in the Twenty-First Century: A Teaching and Learning Imperative. ASHE Higher Education Report, 33(5).

Gallant, T. B. (2008). Academic Integrity in the Twenty-First Century: A Teaching and Learning Imperative.

Lancaster, T., & Clarke, R. (2016). Contract cheating: The outsourcing of assessed student work. In Handbook of Academic Integrity (pp. 639–654). Springer.

McCabe, D. L., Butterfield, K. D., & Treviño, L. K. (2012). Cheating in College: Why Students Do It and What Educators Can Do About It. Johns Hopkins University Press.

McCabe, D. L., Butterfield, K. D., & Treviño, L. K. (2012). Cheating in College: Why Students Do It and What Educators Can Do About It.

Park, C. (2003). In Other (People’s) Words: Plagiarism by University Students—Literature and Lessons. Assessment & Evaluation in Higher Education, 28(5), 471–488.

Sari, N. P. & Sari, I. G. A. M. (2020). Pentingnya Integritas Akademik dalam Dunia Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 27(2), 112-120.

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

Nurhayati, N., Rangkuti, A. U., Juwita, N., Maqfiroh, R., Jamal, S., Saragi, S., & Sitepu, W. S. (2025). MEMBANGUN INTEGRITAS AKADEMIK: STUDI TENTANG ETIKA DALAM PENDIDIKAN TINGGI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6510–6513. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.48223

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>