PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X DI SMA NEGERI 2 DOLOK SANGGUL

Authors

  • Ayu Renta Lumban Gaol Universitas Negeri Medan
  • Wina Dyah Puspita Sari Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47715

Keywords:

Project Based Learning, Kreativitas, Hasil Belajar, Instrumen, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji instrumen angket kreativitas dan tes hasil belajar, serta untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Uji coba angket dilakukan terhadap 33 siswa dan diperoleh 15 item angket yang valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,950. Uji coba tes hasil belajar dilakukan terhadap 36 siswa dan diperoleh 30 butir soal valid dari 35 soal, dengan nilai reliabilitas sebesar 0,929. Soal-soal tersebut telah dianalisis berdasarkan tingkat kesukaran dan daya pembeda, serta menunjukkan kualitas soal yang baik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Doloksanggul dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL dan kelas kontrol yang menggunakan model Discovery Learning. Model PjBL dilaksanakan melalui enam tahap pembelajaran, mulai dari merumuskan pertanyaan mendasar hingga evaluasi hasil kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa secara signifikan dibandingkan model pembelajaran konvensional.

References

Anggraini, P. D., & Siti S. W. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2).

Anwar, Y., Fadillah, A., & Syam, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Sma Negeri 11 Samarinda. Jurnal Pendidikan, 30(3). https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1753

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Ariyanto, P., Sutama, & Markhamah. (2022). Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Karakter Kemandirian. 9(2), 90–99.

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Erlinawati. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Sikap Kreatif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X di SMA N7 Bandar Lampung. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Farhin, N., Setiawan, D., & Waluyo, E. (2023). Peningkatan Hsil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Penerapan Project Based Learning. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 132-136.

Gantonio M. C., Mege, R. A., & Mokosuli, Y. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas Xii Di Sma Negeri 1 Kabaruan. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2).

Heny N. L., & Dewi, N. P. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Sesuai Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jp2/index

Hidayat, R., & Putri, S. (2024). Analisis Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(2), 100–110

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Capaian Pembelajaran Sekolah Menengah Atas (SMA) Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbudristek.

Khoiriyah, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (Project based learning) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIPA di SMA Nuris Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jember: Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Maryati, E., & Fitriyani. (2023). Penggunaan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 10826-10832.

Mashodi, A. A., Maulana, M., Asep K. J. (2019). Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dan Discovery Learning terhadap Kreativitas Siswa Kelas V Materi Perpindahan Kalor. Jurnal Pena Ilmiah, 3(1).

Melinda, V., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2).

Munandar, U. (2009). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nababan, D., Alisia M., dan Angeli, K. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (Project based learning). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2). https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Ngabdiningsih, S. W., Darmadi, & Rivaningsih, S. A. (2023). Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (Project based learning) Pada Materi Ipa Kelas VII di SMP Negeri 1 Sumberrejo. Jurnal Pendidikan Sains, 11(3), 245–252.

Nugroho, B. S. (2023). Efektivitas Discovery Learning dalam meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(3), 210-218.

Nursiti & Damayanti, A. Q. (2018). Analisis Perbandingan Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Dan Loyalitas Merek E-Commerce Lazada, Tokopedia, Dan Shopee (Studi Pada Pengguna E-Commerce). Jurnal Manajemen dan Perbankan, 5(1), 1-20.

Parwati, L., Darussyamsu, R., Laila R. Y., & Fajrina, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 45–55.

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka.

Pujiasti, D. A., Silvi, P. A., & Enang, T. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Kolase Mata Pelajaran SBdP di Kelas IV SD. caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 2(2), 116-123.

Rahayu, N., Putri, H. S., Nunlehu, M., Madi, M. S., & Khalid, N. (2023). Kreatifitas Dan Inovasi Pembelajaran Dalam Pengembangan Kreatifitas Melalui Imajinasi, Musik, Dan Bahasa. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 89–96. http://jurnaledukasia.org

Rahman, S. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Pustaka Edukasi

Ramadianti, A. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar 93 Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. In Jurnal Primatika, 10(2).

Rizki, P. G., Dedy P. T., & Mukodi. (2020). Analisis Kreativitas Siswa Pada Metode Pembelajaran Project Based Learning (Project based learning) Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Smkn 1 Donorojo. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN. http://repository.stkippacitan.ac.id

Seftiani, S. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA. Jurnal Pendidkan Biologi, 10(2), 85-92.

Sucipto, F. R., Nurhikmah, & Febriati, F. (2021). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX di SMP Negeri 1 Siompu Barat Kabupaten Buton Selatan. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 10(2).

Supriatna, A., Kuswandi, S., & Sopyan, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Energi Alternatif Melalui Penerapan Model Project Based Learning. Jurnal Tahsinia, 2(1), 12-25.

TIM PBL. (2020). Panduan Project Base Learning. Teknik Informatika: Universitas Bina Darma.

Yandi, A., Nathania, A., & Syaza, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (JPSN), 1(1).

Downloads

Published

2025-06-25

How to Cite

Gaol, A. R. L., & Sari, W. D. P. (2025). PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X DI SMA NEGERI 2 DOLOK SANGGUL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 6186–6192. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.47715

Similar Articles

<< < 36 37 38 39 40 41 42 43 44 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.