ANALISIS KEMAMPUAN SERVIS BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA SMA NEGERI 10 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.44819Keywords:
servis bawah, bolavoli.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jawaban atas permasalahan tentang tingkat kemampuan servis bawah pada permainan bolavoli. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 10 Makassar dan menggunakan seluruh populasi sebagai sampel sebanyak 30 siswa (sampel total). Jenis penelitian ini adalah deskriktif kuantitatif. Adapun Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan servis bawah. Analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase tingkat capaian kemampuan servis bawah bolavoli, diketahui: bahwa SMA Negeri 10 Makassar diketahui bahwa secara keseluruhan terdapat kategori sangat tinggi adalah 5 Orang (16,67%), kategori tinggi 4 Orang (13,33%), kategori sedang sebanyak 17 Orang (56,67%), kategori kurang ada 1 Orang (3.33%), dan kategori kurang sekali ada 3 Orang (10.0%). Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa persentase kemampuan servis bawah ada kecenderungan mayoritas pada pada kategori “sedang”.References
Adang Suherman. 2000. Dasar-dasar Penjasorkes. Jakarta : Depdiknas
Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin, (2010). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar Offset: Yogyakarta.
Barbara L, Viera, Ms. Jill Fergusson, Bonie, Ms (2000). Tingkat Pemula Bola Voli.
Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.Jakarta: PT Raja GrapindoPersada
Milman Yusdi. (2010). Penilaian Prestasi Kerja. Jakarta: Balai Pustaka.
Muhajir. (2007). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Erlangga
Muhammad Muhyi Faruq. (2009). Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Permainan dan Olahraga Bolavoli. Surabaya : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Nuril Ahmadi. (2007). Panduan Olahraga Bolavoli. Surakarta : Era Pustaka Utama.
Sudaryono, Margono, G., Rahayu, W. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. GrahaIlmu. Yogyakarta.
Sudrajat, A. (2017). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik dan model pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
SuharsimiArikunto. (2003). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M.Imran Hasanuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




