SALURAN, MARGIN DAN EFISIENSI PEMASARAN TOMAT DI DESA MANIMBAHOI KECAMATAN PARIGI KABUPATEN GOWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46092Keywords:
Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran Dan Efisiensi PemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran tomat dan untuk mengetahui margin pemasaran tomat di Desa Manimbahoi Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Manimbahoi Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai bulan Desember 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah petani berjumlah 6 orang, pedagang Pengumpul 4 orang, dan pedagang pengecer 2 orang dimana semua populasi dijadikan sampel penelitian dengan menggunakan metode Purposive Sampling, analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis margin pemasaran. Saluran Pemasaran pada pemasaran Tomat yaitu Saluran I Produsen – Pedagang Pengumpul – Konsumen, sedangkan Saluran II yaitu Produsen – Pedagang Pengumpul – Pedagang Pengecer – Konsumen. Margin pemasaran saluran pemasaran pertama tertinggi sebanyak Rp 3.000 sedangkan margin pemasaran saluran kedua sebanyak Rp 3.500. Efisiensi pemasaran pada tiap saluran yang terdapat pada pemasaran tomat di Desa Manimbahoi Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa yaitu Saluran I 6.21% dan Saluran II yaitu 7.45%.References
Ahmad dan Eko, 2017. Analisis Saluran Pemasaran Cabai Rawit (Studi KAsus Di Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar). Jurnal Viabel Pertanian. Vo. 11. No. 1 2017. Universitas Islam Blitar.
Anindita, R.2004. Pemasaran Hasil Pertanian. Papyrus. Surabaya
Basu Swastha. 2004. Pengantar Bisnis Modern. Jakarta: Salemba Empat Djarwaningsih, T. 2005. review: Capsicum spp. (Cabai): Asal, Persebaran dan Nilai Ekonomi. Biodiversitas
Gitosudarmo, Indriyo. 1994. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: BPFE Gitosudarmo, 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Bpfe.Yogyakarta.
Haryanto dan Saparso. 2018. Pertumbuhan dan Hasil Cabai Merah pada Berbagai Metode Irigasi dan Pemberian Pupuk Kandang di Wilayah Pesisir Pantai. Universitas Jenderal Soedirman
Hermanto, 2015. Budidaya Tanaman Tomat. Penerbit Agro-Publika. Malang.
Jumiati, E, et. Al 2013. Analisis Saluran Pemasaran Dan Margin Pemasaran Kelapa Dalam Di Daerah Perbatasan Kalimantan Timur. Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Borneo
Kai, Y, et. Al. 2016. Analisis Distribusi Dan Margin Pemasaran Usahatani Kacang Tanah Di Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Fakultas Pertanian, Universitas Negeri Gorontalo
Kartika Ela, Ramal Yusuf, Abd. Syakur. 2015. Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) pada Berbagai Persentase Naungan. e-J. Agrotekbis 3 (6) : 717- 724 , Desember 2015 ISSN : 2338-301
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks
Marliah Ainun, Mardhiah Hayati, Indra Muliansyah. 2012. Pemanfaatan Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Beberapa Varietas Tomat (Lycopersicum esculentum L.). Jurnal Agrista Vol. 16 No. 3, 2012
Musyafir., 2018. Margin dan efisiensi pemasaran ayam broiler di pt. Nusantara inti satwa di kabupaten bima. Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Alauddin Makassar
Misna, A, 2018. Analisysis On Marketing Margin Of Cayenne Pepper In Tmbolo Pao Subdistrict Of Gowa District. Undergraduate Program of Economic Development, Faculty of Economics, Universitas Negeri Makassar
Napitupulu, Bismar, 2006, Tataniaga Pemasaran, Penerbit Airlangga, Jakarta. Nurhidayana., 2012. Analisis Efisiensi Pemasaran Cabai Merah di Kabupaten Batubara. Jurnal Agribisnis Sumatera Utara
Pitojo. S. 2005. Benih Tomat. Kanisius. Yogyakarta.
Pratama, D., Swastika, S., Hidayat, T., & Boga, K. (2017). Teknologi Budidaya cabai Merah. Universitas Riau. Riau
Putri, Y.R., S.I. Santoso dan W. Rosalli. 2014. Farmer Share dan Efisiensi Pemasaran Kacang Hijau (Vigna Radiata. L) di Kecamatan Godong Kabupaten Grobongan. J, Agriwiralodra 6(2):28-34.
Rahim. A dan Hastuti D. 2007. Pengantar Teori dan Kasus Ekonomi Pertanian.
Penebar Swadaya. Jakarta.
Roesmawaty, H. 2011. Analisis Efisiensi pemasaran Pisanng di Kecamatan Lengkiti kabupaten Ogan komering Ulu. Jurnal Agrobisnis.
Sagala Anggiat. 2009. Respon Pertumbuhan dan Produksi Tomat (Solanum lycopersicum Mill) dengan Pemberian Unsur Hara Makro-Mikro dan Blotong. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara
Saifuddin, 2002, Ekonomi Pertanian, Penerbit Alumni Bandung
Santi, T.K. 2006. Pengaruh pemberian pupuk kompos terhadap pertumbuhan tanaman tomat (Lycopersicum esculentum Mill). Jurnal Ilmiah Progressif, 3(9): 1-9.
Sholehah, A. 2015. Analisis Pemasaran Dan Strategi Pengembangan Jamur Tiram (Pleurotus Ostreatus) Di Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Skripsi. Program Studi Agribisnis. Fakultas Pertanian Universitas Jember.
Simangunsong, 2005, Ekonomi Perusahaan, Ghalia Indonesia, Jakarta Soekartawi. 2005. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sucita, et.al. 2017. Analisis Pemasaran usahatani Tomatdi Desa Nupabomba Kecamatan Tanatonvea Kabupaten Donggala. E-J. Agrotekbis 5 (2) 260-268, April 2017.
Sudiyono, A. 2001. Pemasaran Pertanian. Edisi Pertama. UUM Press. Penerbitan. Universitas Brawijaya Malang.
Sudiyono. 2002. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang.
Malang: UMM Press.
Syamsul, dkk. 2010. Analisis Margin Pemasaran Cabe Merah Di Kabupaten Jember. Jurnal Penelitian. Universitas Muhammadiyah Jember.
Syukur, M. 2013. Sukses Panen Cabai Tiap hari. Penebar Swadaya. Jakarta.
Tjiptono, Fandy, 2005. Manajemen Pemasaran, Yogyakart: Andi Offset
Vika Tenti Okta. 2013. Pemuliaan Tanaman Tomat (Solanum Lycopersicum L.), Tahan Serangan Tomato Yellow Leaf Curl Virus (TYLCV). Makalah Seminar. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada
William J, 2000, Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1 Edisi ke 3, Alih Bahasa oleh Yohanes Lamarto, Jakarta: Erlangga.
Yuliaindah, 2017. Persilangan Tanaman Tomat. Universitas Hasanuddin Makassar.
Yunialti R. 2013. Teknik Persilangan Buatan. Riau: Universitas Riau
Zulkifli, 2002, Ekonomi Industri, Ghalia Indonesia, Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dewi Puspita Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




