ANALISIS STRATEGI PENETAPAN HARGA DAN PENGARUHNYA DALAM PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38763Keywords:
Penjualan, Penetapan Harga, Transaksi Jual BeliAbstract
Transaksi jual beli yang kita kenal umumnya berlangsung antara penjual dan pembeli di tempat dan waktu yang sama, di mana ada hubungan pribadi antara keduanya di pasar tradisional maupun pasar modern, yang merupakan bentuk aktivitas perdagangan yang melibatkan kerja sama untuk menentukan harga barang yang dijual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan tinjauan pustaka. Tinjauan pustaka dalam penelitian ini mencakup langkah-langkah mengumpulkan informasi dari tulisan, membaca dan mencatat, serta mengelola data penelitian dengan cara yang adil, teratur, analitis, dan kritis terkait Penentuan Harga Barang Publik. Harga berfungsi sebagai acuan bagi konsumen saat mereka menghadapi kesulitan dalam menilai kompleksitas kualitas produk yang ada untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Ketika konsumen menginginkan produk standar dengan kualitas baik, harga seringkali cenderung tinggi. Di sisi lain, jika konsumen mencari barang generik atau berkualitas rendah, harganya biasanya lebih terjangkau. Berdasarkan literatur yang telah dianalisis oleh penulis, ditemukan bahwa penetapan harga memiliki dampak pada peningkatan volume penjualan. Ini terjadi karena penetapan harga tidak mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian. Perusahaan akan tetap mendapatkan permintaan yang tinggi untuk produk yang diminati konsumen. Hal ini menyebabkan adanya peningkatan volume penjualan, terlepas dari apakah harga produk tersebut naik atau turun.References
Ariani, Pasigai, M. A., & Rasyid, M. N. (2018). Analisis Pengaruh Strategi Harga Terhadap Volume Penjualan Pakaian Pada PT Barokah Biqalbin Salim Cabang Toddopuli Makassar. In Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Vol. 2, Issue 1, pp. 9–22). http://www.fao.org/3/I8739EN/i8739en.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.adolescence.2017.01.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.childyouth.2011.10.007%0Ahttps://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/23288604.2016.1224023%0Ahttp://pjx.sagepub.com/lookup/doi/10
Bernik, M., & Haq, M. D. (2019). Analisis Penetapan Harga untuk Peningkatan Jumlah Penjualan Produk (Studi Kasus Sate Hadori Bandung). Al Tijarah, 5(1), 1. https://doi.org/10.21111/tijarah.v5i1.3323
Dianita, M., Sukma, I., Hidayat, R., Rachmawati, R., Rachman, A. A., & Lizwaril, R. (2022). Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada UMKM. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11, 367–370. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/aptekmas/article/view/4350
Fahira Aundri, W. (2022). Penetapan Job Order Costing Dalam Penetapan Harga Pokok Produksi Pada Nimetler Project. Jurnal Acitya Ardana, 1(2), 196–199. https://doi.org/10.31092/jaa.v1i2.1360
Farma, J. (2019). Mekanisme Pasar dan Regulasi Harga: Telaah atas Pemikiran Ibnu Taimiyah. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 13(2), 182–193. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v13i2.2387
Febrianty, L., & Muchlis, S. (2020). Analisis Perbandingan Metode Full Costing Dan Variabel Costing Dalam Penetapan Harga Pokok Produksi (Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Je’Neberang Kabupaten Gowa). ISAFIR: Islamic Accounting and Finance Review, 1(1), 71–83. https://doi.org/10.24252/isafir.v1i1.18326
Hana Citra Kusuma Dewi, & Nur Aini Anisa. (2023). Analisis Penentuan Harga Jual Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Statice_Id Di Kota Surabaya. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 1(4), 270–275. https://doi.org/10.55606/jumia.v1i4.2045
Hartini, S., Tobing, S. L., & Rafiqah, I. W. (2020). Analisis Penetapan Harga Dan Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada Bir Pletok ( Studi Kasus pada UKM Bir Pletok Bang Isra , Jakarta ). Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 13(1), 40–58. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/3/article/view/747
Jusmani, J., & Putra, A. E. (2020). Analisis Activity Based Costing Dalam Penentuan Harga Pokok Perusahaan. Jurnal Media Akuntansi (Mediasi), 3(1), 28–38. https://doi.org/10.31851/jmediasi.v3i1.5218
Laoli, V., & Hulu, F. (2018). Analisis Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 1(2), 19–24. https://doi.org/10.36778/jesya.v1i2.19
Manafe, L. A. (2022). Penetapan Harga Jual Produk Terhadap Volume Penjualan Pada CV Vulkanindo Mitra Abadi. In Business and Enterpreneurship Journal (BEJ) (Vol. 3, Issue 1). academia.edu. https://doi.org/10.57084/bej.v3i1.671
NINGRUM, R. M. (2021). Analisis Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Volume Penjualan Pada Toko Atk (Alat Tulis Kantor) Deoni Di Bandar Lampung Menurut Perspektif Ekonomi Islam. repository.radenintan.ac.id. http://repository.radenintan.ac.id/17840/
Samuel, G. W., & Shauki, E. R. (2020). Analisa dan Evaluasi Gangguan Teknologi Dalam Operasional Bisnis dan Pengaruhnya Terhadap Penetapan Harga pada UMKM Perdagangan Tekstil. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 12(1), 73–93. https://doi.org/10.17509/jaset.v12i1.24110
Tania, A. E., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 75–84. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.258
Wulansari, R. (2022). Analisis Strategi Penetapan Harga Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Di Mini Market Saudara Karangnunggal. repositori.unsil.ac.id. http://repositori.unsil.ac.id/6567/%0Ahttp://repositori.unsil.ac.id/6567/5/BAB 1.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khairani Alawiyah Matondang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




