ANALISIS PERAN DUKUNGAN TEKNOLOGI SEKOLAH TERHADAP INOVASI PEMBELAJARAN IPS TERPADU
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.46001Keywords:
Teknologi Pendidikan, Inovasi Pembelajaran, IPS Terpadu, Dukungan SekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dukungan teknologi sekolah terhadap inovasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik secara umum memiliki persepsi positif terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran IPS. Teknologi terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar, mempermudah pemahaman materi, serta mendorong kreativitas dalam penyelesaian tugas. Meskipun demikian, ditemukan sejumlah kendala seperti keterbatasan fasilitas teknologi, kurangnya pelatihan guru, dan belum meratanya akses internet. Dengan demikian, dukungan teknologi dari pihak sekolah memiliki peran penting dalam mendorong inovasi pembelajaran IPS, namun perlu ditingkatkan dari segi infrastruktur dan kompetensi guru. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya kebijakan sekolah dan perencanaan strategis yang mendukung integrasi teknologi secara menyeluruh dalam proses pembelajaran IPS Terpadu.References
Ani Heryani, dkk. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Literasi Digital pada Pembelajaran IPS di SD Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan, 31(1), 24.
Fikri. (2017). Model dan Pendekatan Pembelajaran IPS yang Efektif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan.
Juliyati. (2021). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika
Mariyana. (2024). Dampak Media Sosial dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Digital, 4(1), 88–95.
Meidiani, E. P., Imbar, K., & Prawiradilaga, D. S. (2022). Pemanfaatan Prinsip Personalisasi Belajar dalam Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Designing E-Learning. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 5(1), 56–62. https://doi.org/10.21009/jpi.051.07
Setiawan, B., Habibah, E. N., Rahmadani, A. P., & Ardianti, D. F. N. (2023). Peran Teknologi dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran IPS. JUPENDIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i1.1167
Sudi Suryadi. (2015). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu, 3(3), 10.
Sumantri, M. D., Zahirah, A., Bilal, & Safitri, S. (2025). Peran Teknologi pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa Terhadap Isu Global. SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.62383/sosial.v3i1.709
Zebua, R., dkk. (2025). Analisis Penggunaan Teknologi terhadap Kreativitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Digital, 3(2), 1–10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andi Taufiq Umar, Septy Idola Simamora, May Sartika, Hanifah Hanum, Putri Alechia Simbolon

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




