ANALISIS PERAN GURU DALAM MENERAPKAN DIFFERENTIATED LEARNING PADA KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Dedy Irawan Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Lilis Lilis Universitas Bina Bangsa
  • Klemens Mere Universitas Wisnuwardhana Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45562

Keywords:

Peran Guru; Differetiated Learning; Kurikulum Merdeka

Abstract

Dalam implementasinya, Kurikulum Merdeka mendorong penerapan pembelajaran berdiferensiasi (differentiated learning) sebagai pendekatan utama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran guru dalam menerapkan differentiated learning pada kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka (literature review), yang bertujuan untuk menganalisis dan menyintesis informasi dari berbagai sumber literatur terkait peran guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Peran guru dalam Kurikulum Merdeka sangat sentral, terutama dalam menerapkan pendekatan differentiated learning yang menuntut guru untuk lebih responsif terhadap kebutuhan belajar siswa yang beragam, baik dari segi kesiapan, minat, maupun profil belajar mereka.

References

Afifah, N. N., Irawan, D., & Wiarsih, C. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI BLENDED LEARNING DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH PURWOKERTO. Renjana Pendidikan Dasar, 2(1), 46-51.

Annur, S. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Hidayati, N., & Sari, R. P. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 15–25.

Irawan, D., & Astuti, A. T. (2023). Kesiapan Guru Sekolah Dasar Kelas Rendah dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 99-110.

Kemendikbudristek. (2022). Buku Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Mestika, Z. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pratiwi, A., & Arifin, R. (2023). Tantangan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18(2), 87–96.

Putri, V. A., & Muhtarom, T. (2024). Implikasi Kurikulum Merdeka pada Peran Guru, Perencanaan Pembelajaran, Model Pembelajaran, dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(5), 3581–3590.

Rosmah. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Guru Profesional: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 3685–3691.

Sari, D. M., Maulida, F., Ningrum, J. P., Ummah, S. K., & Admoko, S. (2023). A Literature Review of the Implementation of Differentiated Learning in Indonesian Education Units. ResearchGate. https://www.researchgate.net

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, & Sudarmin. (2023). Peran Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Jurnal Saraweta, 1(1), 1–10.

Tomlinson, C. A. (2014). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners. Alexandria: ASCD.

Tomlinson, C. A. (2017). How to Differentiate Instruction in Academically Diverse Classrooms (3rd ed.). Alexandria: ASCD.

Wulandari, S., & Handayani, T. (2022). Pengaruh Pelatihan Guru terhadap Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Profesional, 7(3), 112–121.

Downloads

Published

2025-05-11

How to Cite

Irawan, D., Lilis, L., & Mere, K. (2025). ANALISIS PERAN GURU DALAM MENERAPKAN DIFFERENTIATED LEARNING PADA KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 4912–4917. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45562

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.