PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 101740 TANJUNG SELAMAT TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025

Authors

  • Heni Wenti Sinambela Universitas Katolik Santo Thomas
  • Irmina Pinem Universitas Katolik Santo Thomas
  • Rumiris Lumban Gaol Universitas Katolik Santo Thomas
  • Darinda Sofia Tanjung Universitas Katolik Santo Thomas
  • Patri Janson Silaban Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45553

Keywords:

Model Pembelajaran, Picture and Picture Berbantuan Media Pop Up Book, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Pop Up Book Terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101740 Tanjung Selamat, Tahun Pembelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian  Kuantitatif. Subjek dari penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101740 Tanjung Selamat, Tahun pembelajaran 2024/2025 yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah siswa 35. Pengambilan Sampel Total dengan perolehan sampel sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Pop Up Book termasuk kategori yang Sangat baik dengan rata-rata 82,57. Hasil Koefesien Korelasi sebesar 0,979 artinya r hitung > r tabel maka Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh kuat antara Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas IV SD Negeri 101740 Tanjung Selamat. Dapat dilihat juga dari hasil Uji-t dimana nilai Signifikasi < 0,05 yakni 0,000 < 0,05 sehingga menyatakan bahwa Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif  yang signifikan terhadap penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri 101740 Tanjung Selamat Tahun Pembelajaran 2024/2025.

References

Ahda, Aulia Fahriah, Halimatus Sa’diyah, dan Setiabudi, Dede Indra. 2022. Penggunaan Media Pembelajaran Pop-Up Book dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(2), 51–58. https://doi.org/10.56444/soshuimdik.v1i2.74

Ainita, Siti Indah. 2019. Teori Belajar Skinner. Dalam Belajar dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi, dan Teori Pembelajaran (hlm. 89–108). Penerbit Garudhawacana.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Nur, Kholifah, Baikhtiar, Ahmad M., dan Iskandar, H. 2019. Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857

Purnomo, Agus. 2022. Pengantar Model Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Sariwati, Siti dan Sugoro, Endra M. 2019. Implementasi Gamifikasi Berbantu Media Kahoot untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi 3 di SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 17(2), 46–57. https://doi.org/10.21831/jpaii.v17i2.28693

Sujudi, Samsul, Nur, Tika Dewi, Yusri, Yusran, Saibi, Nur, dan Ramli, Muh. Rasyid. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 10 Kota Ternate Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioedukasi, 6(2), 337–347. https://doi.org/10.33387/bioedukasi.v6i2.7305

Yulberti. 2018. Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Dalam Psikologi Pendidikan, Vol. 1.

Downloads

Published

2025-05-21

How to Cite

Sinambela, H. W., Pinem, I., Gaol, R. L., Tanjung, D. S., & Silaban, P. J. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 101740 TANJUNG SELAMAT TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 5289–5297. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.45553

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.