PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.30828Keywords:
Project Based Learning, Ilmu pengetahuan Alam, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPAS V SD Negeri 060938 Medan Johor Tahun Pembelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan instrumen tes sebanyak 30 pertanyaan. Jumlah sampel penelitian sebanyak 32 siswa berdasarkan teknik purposive sampling. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa, penelitian melakukan Pre Test dengan nilai rata-rata 43,62 yang masuk dalam kategori kurang. Hasil dari Post Test tersebut memiliki peningkatan dari hasil Pre Test yang diberikan sebelumnya dengan nilai rata-rata siwa mencapai 81,96 kategori baik sekali. Dapat dikatakan tingkat keberhasilan hasil belajar siswa meningkat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji koefisien korelasi diperoleh hasil rhitung rtabel dengan hasil 0,672 0,349. Selanjutnya pengujian hipotesis yaitu membandingkan nilai thitung ttabel . Diperoleh nilai thitung 4,967 sedangkan ttabel 1,694. Karena thitung ttabel (4,967 1,694) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Melalui uji-t tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa.References
Mulyasa, H. E. (2021). Implementasi kurikulum 2013 revisi: dalam era industri 4.0. Bumi Aksara.
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Widyastuti, A. (2022) Implementasi project based learning pada kurikulum 2022 protipe Merdeka belajar. PT Gramedia , Jakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gabriel M. Sitompul, Antonius R. Abi; Reflina Sinaga; Ester J Simarmata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.