ANALISIS PENGARUH CHATGPT TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMATIKA DAN KOMPUTER DALAM PENYELESAIAN TUGAS PADA MATA KULIAH ROBOTIK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43736Keywords:
ChatGPT, Pengetahuan, Robotik, Kajian Literatur, Kecerdasan BuatanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ChatGPT terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer dalam penyelesaian tugas pada mata kuliah Robotik. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dengan menganalisis berbagai jurnal yang membahas pemanfaatan ChatGPT dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ChatGPT dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep robotik, mempercepat proses penyelesaian tugas, dan memberikan solusi kreatif. Selain itu, mahasiswa melaporkan peningkatan dalam kemampuan pemecahan masalah dan efisiensi waktu dalam menyelesaikan tugas akademik. Meskipun demikian, terdapat tantangan seperti potensi ketergantungan pada teknologi dan perlunya pengawasan etika penggunaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi ChatGPT dalam pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas pendidikan, terutama dalam konteks mata kuliah yang kompleks seperti Robotik, dengan tetap mempertimbangkan aspek etika dan integritas akademik.References
Handoyo, E. R., Sugiarto, J., Lolo, A., & Chai, K. (2023). Identifikasi Pengaruh Penggunaan ChatGPT terhadap Kemampuan Berfikir Mahasiswa di Universitas Atma Jaya Yogyakarta Prodi Sistem Informasi Angkatan 2021. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 342–352. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.7241
Handoyo, R., Pratama, A., & Suryani, D. (2023). Pemanfaatan ChatGPT dalam Pendidikan: Manfaat dan Tantangan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 45-60.
Husnaini, A., & Madhani, K. (2024). Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan: Transformasi Pembelajaran di Era Digital. Jakarta: Pustaka Akademika.
Husnaini, M., & Madhani, L. M. (2024). Perspektif Mahasiswa terhadap ChatGPT dalam Menyelesaikan Tugas Kuliah. Journal of Education Research, 5(3), 2655–2664. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1047
Ningrum, A. R., Saputra, B. A., Mahardika, Y., & Puspita, N. (2024). Analisis Penerapan ChatGPT sebagai Alat Bantu Akademik. November, 1376–1384.
Ningrum, S., Wijaya, B., & Putri, L. (2024). Analisis Pengaruh ChatGPT terhadap Pembelajaran Mahasiswa pada Mata Kuliah Robotik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(1), 23-39.
Risnina, N. N., Permatasari, S. T. I., Nurulhusna, A. Z., Anjelita, F. M., Wulaningtyas, C., & Rakhmawati, N. A. (2023). Pengaruh ChatGPT terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 119–132. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i4.2364
Risnina, T., Yulianto, F., & Saputra, E. (2023). Ketergantungan Mahasiswa terhadap AI: Studi Kasus Penggunaan ChatGPT dalam Pembelajaran. Journal of Educational Research, 18(2), 67-82.
Sakti, D., Wibowo, H., & Anwar, P. (2024). Kajian Literatur tentang Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan: Peluang dan Tantangan. Jurnal Sains dan Teknologi, 20(4), 88-105.
Sakti, Y. P. B., Fariz, Abadi, M. M. K., Hadi, M. N., & Putra, R. A. S. (2024). Tinjauan Literatur Sistematis: Pengaruh Penggunaan ChatGPT dalam Proses Pembelajaran. Systematic Literature Review: The Effect of ChatGPT Utilization in the Learning, 15–37.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Elsa Sabrina, Fahmy Syahputra, Ahmad Rizal Padana Pohan, Filza Kirani Br Sitepu, Gaudensius J.A Situmorang, Ihsan Heldi Harahap, Michael Steven F. Barus, Muhammad Rendi Ananda, Romadon Nasution

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.