ANALISIS PENGARUH CHATGPT TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMATIKA DAN KOMPUTER DALAM PENYELESAIAN TUGAS PADA MATA KULIAH ROBOTIK

Authors

  • Elsa Sabrina Universitas Negeri Medan
  • Fahmy Syahputra Universitas Negeri Medan
  • Ahmad Rizal Padana Pohan Universitas Negeri Medan
  • Filza Kirani Br Sitepu Universitas Negeri Medan
  • Gaudensius J.A Situmorang Universitas Negeri Medan
  • Ihsan Heldi Harahap Universitas Negeri Medan
  • Michael Steven F. Barus Universitas Negeri Medan
  • Muhammad Rendi Ananda Universitas Negeri Medan
  • Romadon Nasution Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43736

Keywords:

ChatGPT, Pengetahuan, Robotik, Kajian Literatur, Kecerdasan Buatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ChatGPT terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer dalam penyelesaian tugas pada mata kuliah Robotik. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dengan menganalisis berbagai jurnal yang membahas pemanfaatan ChatGPT dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ChatGPT dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep-konsep robotik, mempercepat proses penyelesaian tugas, dan memberikan solusi kreatif. Selain itu, mahasiswa melaporkan peningkatan dalam kemampuan pemecahan masalah dan efisiensi waktu dalam menyelesaikan tugas akademik. Meskipun demikian, terdapat tantangan seperti potensi ketergantungan pada teknologi dan perlunya pengawasan etika penggunaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi ChatGPT dalam pembelajaran dapat meningkatkan efektivitas pendidikan, terutama dalam konteks mata kuliah yang kompleks seperti Robotik, dengan tetap mempertimbangkan aspek etika dan integritas akademik.

References

Handoyo, E. R., Sugiarto, J., Lolo, A., & Chai, K. (2023). Identifikasi Pengaruh Penggunaan ChatGPT terhadap Kemampuan Berfikir Mahasiswa di Universitas Atma Jaya Yogyakarta Prodi Sistem Informasi Angkatan 2021. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 342–352. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v3i2.7241

Handoyo, R., Pratama, A., & Suryani, D. (2023). Pemanfaatan ChatGPT dalam Pendidikan: Manfaat dan Tantangan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 45-60.

Husnaini, A., & Madhani, K. (2024). Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan: Transformasi Pembelajaran di Era Digital. Jakarta: Pustaka Akademika.

Husnaini, M., & Madhani, L. M. (2024). Perspektif Mahasiswa terhadap ChatGPT dalam Menyelesaikan Tugas Kuliah. Journal of Education Research, 5(3), 2655–2664. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1047

Ningrum, A. R., Saputra, B. A., Mahardika, Y., & Puspita, N. (2024). Analisis Penerapan ChatGPT sebagai Alat Bantu Akademik. November, 1376–1384.

Ningrum, S., Wijaya, B., & Putri, L. (2024). Analisis Pengaruh ChatGPT terhadap Pembelajaran Mahasiswa pada Mata Kuliah Robotik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(1), 23-39.

Risnina, N. N., Permatasari, S. T. I., Nurulhusna, A. Z., Anjelita, F. M., Wulaningtyas, C., & Rakhmawati, N. A. (2023). Pengaruh ChatGPT terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 119–132. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i4.2364

Risnina, T., Yulianto, F., & Saputra, E. (2023). Ketergantungan Mahasiswa terhadap AI: Studi Kasus Penggunaan ChatGPT dalam Pembelajaran. Journal of Educational Research, 18(2), 67-82.

Sakti, D., Wibowo, H., & Anwar, P. (2024). Kajian Literatur tentang Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan: Peluang dan Tantangan. Jurnal Sains dan Teknologi, 20(4), 88-105.

Sakti, Y. P. B., Fariz, Abadi, M. M. K., Hadi, M. N., & Putra, R. A. S. (2024). Tinjauan Literatur Sistematis: Pengaruh Penggunaan ChatGPT dalam Proses Pembelajaran. Systematic Literature Review: The Effect of ChatGPT Utilization in the Learning, 15–37.

Downloads

Published

2025-03-28

How to Cite

Sabrina, E., Syahputra, F., Pohan, A. R. P., Sitepu, F. K. B., Situmorang, G. J., Harahap, I. H., … Nasution, R. (2025). ANALISIS PENGARUH CHATGPT TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMATIKA DAN KOMPUTER DALAM PENYELESAIAN TUGAS PADA MATA KULIAH ROBOTIK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 3608–3612. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43736

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)