PENGARUH PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA: KAJIAN LITERATUR

Authors

  • Fahmy Syahputra Universitas Negeri Medan
  • Elsa Sabrina Universitas Negeri Medan
  • Alfredo Alpansa Silitonga Universitas Negeri Medan
  • Amanda Shafira Universitas Negeri Medan
  • Karel Rolian Hutauruk Universitas Negeri Medan
  • Leoni Try Oxana Nababan Universitas Negeri Medan
  • Sahly Na’ila Permata Universitas Negeri Medan
  • Zaid Zaidan Zulfa Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.43648

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Prestasi Akademik, Mahasiswa, Pendidikan Tinggi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan kecerdasan buatan (AI) terhadap kinerja akademik mahasiswa berdasarkan tinjauan literatur terkini. Metodologi penelitian ini mencakup tinjauan sistematis terhadap beberapa artikel ilmiah atau jurnal yang diterbitkan antara tahun 2020-2025 dari berbagai basis data akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI dapat meningkatkan efisiensi pembelajaran dan memberikan akses yang lebih luas ke sumber daya pendidikan. Namun, di sisi lain, ketergantungan yang berlebihan terhadap AI berpotensi mengurangi kemampuan berpikir kritis dan analisis mandiri siswa. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang seimbang dalam pemanfaatan teknologi AI untuk memastikan peningkatan kinerja akademik tanpa mengorbankan keterampilan kognitif siswa.

References

R. Elaiess, “Dampak Kecerdasan Buatan pada Akademisi: Ringkasan,” Jurnal Internasional Penelitian Multidisiplin Akademik (IJAMR), vol. 7, no. 4, pp. 218–220, Apr. 2021, doi: 10.1007/s11948-021-00293-x.

S. Puspaningrum, L. Rohmah, M. Cahyaningrum, and D. Safitri, “DAMPAK PENGGUNAAN CHAT GPT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA SEMESTER 4 KELAS F DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO,” Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JSTI), vol. 6, no. 3, pp. 301–311, Aug. 2024, [Online]. Available: https://journalpedia.com/1/index.php/jsti

M. Adhiluhung, V. Sutrisno, and T. Saputra, “Analisis Implementasi Kecerdasan Buatan pada Pembelajaran di Prodi Pendidikan Teknik Mesin UNS,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, vol. 18, no. 1, pp. 124–135, 2025, doi: 10.20961/jiptek.v18i1.88644.

N. Mayasari, R. Dewantara, and Y. Yuanti, “Pengaruh Kecerdasan Buatan dan Teknologi Pendidikan terhadap Peningkatan Efektivitas Proses Pembelajaran Mahasiswa di Jawa Timur,” Jurnal Pendidikan West Science, vol. 1, no. 12, pp. 851–858, Dec. 2023, doi: https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.863.

M. D. Adewale, A. Azeta, A. Abayomi-Alli, and A. Sambo-Magaji, “Impact of artificial intelligence adoption on students’ academic performance in open and distance learning: A systematic literature review,” Heliyon, vol. 10, no. 22, Nov. 2024, doi: 10.1016/j.heliyon.2024.e40025.

C. Zhai, S. Wibowo, and L. Li, “The effects of over-reliance on AI dialogue systems on students’ cognitive abilities: a systematic review,” Smart Learning Environments, vol. 11, no. 28, Dec. 2024, doi: 10.1186/s40561-024-00316-7.

S. Salih, O. Husain, M. Hamdan, S. Abdelsalam, H. Elshafie, and A. Motwakel, “Transforming education with AI: A systematic review of ChatGPT’s role in learning, academic practices, and institutional adoption,” Results in Engineering, vol. 25, pp. 1–27, Dec. 2025, doi: 10.1016/j.rineng.2024.103837.

Jaelani, E. Hidayat, and Febryantahanuji, “Dampak Penerapan Kecerdasan Buatan (AI) Untuk Manajemen Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Jawa Tengah,” E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, vol. 17, no. 1, pp. 339–352, Jul. 2024, doi: 10.51903/e-bisnis.v17i1.1790.

B. Acosta-Enriquez et al., “The mediating role of academic stress, critical thinking and performance expectations in the influence of academic self-efficacy on AI dependence: Case study in college students,” Computers and Education: Artificial Intelligence, vol. 8, pp. 1–11, Feb. 2025, doi: 10.1016/j.caeai.2025.100381.

[10] J. Wijaya, W. Kennedy, H. Zhang, Z. Hafsa, and Vincent, “SEIKO : Journal of Management & Business Dampak Extra Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Kota Batam,” Journal of Management & Business, vol. 6, no. 2, pp. 228–241, 2023, doi: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5901.

N. Yusuf, “The Role of Artificial Intelligence in Improving the Quality of Student Learning Process,” International Journal of Science and Society, vol. 6, no. 2, pp. 186–198, 2024, doi: https://doi.org/10.54783/ijsoc.v6i2.1126.

K. Salsabilla, T. Hadi, W. Pratiwi, and S. Mukarromah, “PENGARUH PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN TERHADAP MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI,” Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sistem Informasi (SITASI), pp. 168–176, Sep. 2023, doi: https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.371.

H. Wardani, E. Mazidah, and B. Hidayah, “Potensi dan tantangan kecerdasan buatan sebagai asisten belajar mahasiswa FKIP dalam menyelesaikan tugas akademik,” JISBI: Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya Indonesia, vol. 2, no. 1, pp. 18–30, May 2024, doi: 10.61476/9mq47w18.

R. Peliza, “Penerapan Teknologi Artificial Intelligence (Ai) Terhadap Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa,” Adab dan Dakwah IAIN Kerinci, vol. 2, no. 1, pp. 82–95, 2024.

A. Abdurrahman, M. Rizki, and R. Pradana, “PENGARUH PENGGUNAAN AI TERHADAP KOMPETENSI DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA,” Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 9, no. 1, pp. 201–210, 2025, doi: https://doi.org/10.36040/jati.v9i1.12205.

J. Sarwono, Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif, 1st ed. Bandung: Graha Ilmu, 2006.

S. Aisyah, “Pengaruh Penggunaan Teknologi Kecerdasan Buatan bagi Pembelajaran Mahasiswa,” Jurnal Pelita Teknologi, vol. 17, no. 2, pp. 33–42, Sep. 2022, doi: https://doi.org/10.37366/pelitatekno.v17i2.3355.

R. Saputro, Sarmini, F. Utomo, R. Putranto, S. Filanzi, and F. Adiatma, “Optimalisasi kemampuan menulis akademik melalui teknologi AI: kolaborasi Universiti Teknikal Malaysia Melaka dan Universitas Amikom Purwokerto,” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 8, no. 4, pp. 3206–3213, Dec. 2024, doi: https://doi.org/10.31764/jpmb.v8i4.26335.

M. Ummah, W. Siswanto, and K. Andajani, “IMPLIKASI ETIKA KEILMUAN DALAM PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) PADA KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH SISWA KELAS XI MAN 2 MOJOKERTO,” Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 14, no. 1, pp. 179–191, Mar. 2025, doi: http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v14i1.13078.

A. Yuswanto, “PENGARUH TEKNOLOGI AI CHATGPT TERHADAP PUBLIKASI JURNAL DI INDONESIA: STUDI LITERATUR,” Jurnal Ismetek, vol. 18, no. 2, pp. 142–148, Dec. 2024.

N. Kurniawati, “Fenomena Maraknya Rasa Ketergantungan Peserta Didik Terhadap Kecerdasan Buatan,” JOIES: Journal of Islamic Education Studies, vol. 8, no. 2, pp. 158–177, Dec. 2023, doi: https://doi.org/10.15642/joies.2023.8.2.158-177.

Downloads

Published

2025-04-08

How to Cite

Syahputra, F., Sabrina, E., Silitonga, A. A., Shafira, A., Hutauruk, K. R., Nababan, L. T. O., … Zulfa, Z. Z. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA: KAJIAN LITERATUR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(2), 3835–3842. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i2.43648

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)