PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI SENAM IRAMA DI PAUD AN-NURA PANYABUNGAN BARAT KABUPATEN MANDAILING NATAL

Authors

  • Ainun Ramadhani Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Masganti Sitorus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Basri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43453

Keywords:

Anak Usia Dini, Motorik Kasar, Senam Irama

Abstract

Kemampuan motorik kasar anak usia dini memiliki peran penting dalam perkembangan fisik dan koordinasi gerak mereka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan senam irama di PAUD An-Nura Panyabungan Barat, Kabupaten Mandailing Natal. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 15 anak yang diberikan intervensi berupa senam irama selama beberapa sesi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi, sebagian besar anak mengalami kesulitan dalam melakukan gerakan dasar seperti melompat, mengayunkan tangan, dan menjaga keseimbangan. Setelah diberikan intervensi, terjadi peningkatan signifikan dalam keterampilan motorik kasar anak, yang ditunjukkan dengan peningkatan koordinasi gerak, keseimbangan, serta keberanian dalam mengikuti irama musik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa senam irama merupakan metode yang efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar anak usia dini. Oleh karena itu, senam irama dapat dijadikan strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk mendukung perkembangan fisik anak secara optimal.

References

Aip Syarifudin dan Muhadi. 2013. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.Jakarta:Depdikbud.

Aip, Syarifudin & Muhadi.2012. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bambang Sujiono. 2013. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka

Depdiknas. (2013). Ekspresi Diri dan Akademik. Bandung: Kemendikbud. Endang Rini Sukamti. 2015. Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta: FIKUNY.

Hadi, Sutrisno. 2014. Metode Reseach. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Hasan Maimunah. 2010. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press. Hurlock, ElizabehB. 2010. Perkembangan Anak Jilid I. (Terjemahan: Med.Irianto Djoko Pekik. 2015. Pedoman Praktis Berolahraga. Yogyakarta: Andi Offset.

Kamtini. (2017). Bermain Melalui Gerak Dan Lagu Di Taman Kanak-kanak.Jakarta: Depdikbud.

Kurikulum TamanKanak-Kanak. 2010. Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Lubis, EffiAswita. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Medan: Unimed Press. Mahendra, Agus. 2012. Permainan Anak dan Aktivitas Ritmik. Jakarta: Erlangga Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Marsono. 2013. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Litera. Masganti, (2017). “Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini”. Depok: Kencana Meitasari Tjandrasa dan Muchlihah Zarkasih). Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama. Milesdan Huberman. (2016). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.

Moleong, Lexy J. (2018 ). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyaningsih Farida. 2013. Senam Irama (sebuah metode praktis). Yogyakarta: FIKUNY.

Mulyasa, Dedy. (2016) Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Sosial.Bandung: Remaja Rodakarya

Mutia Laila Nur. 2013. Model Pembelajaran Senam Irama Dengan Modifikasi Ala tGada. Semarang: PJKR UNNES.

Mutiah, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Proyek Olahraga Masyarakat, Direktorat Olahraga Masyarakat.

Rakhmat, Jalaluddin. 2013. Belajar Cerdas Belajar Berbasiskan Otak. Bandung: MLC.

Rosmala, Dewi. (2017). Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud.

Salimdan Syahrum.(2016).MetodologiPenelitianKualitatif.Bandung:Citapustaka Media.

Samsudin. 2015. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Litera Prenada Media Group

Sugiono. (2018). Penelitian Pendekatan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyanto dan Sudjarwo. 2015. Perkembangan dan Belajar Gerak. Jakarta: Departemen Pendidikan dan kebudayaan.

Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri. (2017). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini.Jakarta: Depdiknas.

Sumarjo. 2010. Pendidikan Jasmani,Olahraga, dan Kesehatan. Surabaya: JPBook. Suwarsih Madya. (1994). PenelitianTindakan.Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Suyanto Slamet. 2016. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIPUNY

Syamsuar Mochtar. 2014. Dimensi Supervisi Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Walim.2013. Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah. Jakarta: Bagia

Anik Wijayanti. 2021. “PTK Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar MelaluiKegiatan Senam Irama”. Jurnalof modern Early Chidhood Education,Vol.1,No.1-10

Kumala, Hena Safira Endah, Neila Ulfa Rahmania, and Sigit Purnama. 2022. “Impelementasi Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Melalui Kegiatan Senam Irama Di TK Islam Al Madina Sampangan Semarang.” Jurnal PG- PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 9(1):22–29. doi: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13178.

Lubis, Awwaliya Mursyida, and Syahrul Ismet. 2019. “Metode Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini Di Tahfidz Center Darul Hufadz Kota Padang.” Aulad : Journal on Early Childhood 2(2):8–14. doi: 10.31004/aulad.v2i2.30.

Mistina, Jazilurrahman. 2023. “Pengembangan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Outbound Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain ( Kb ) Nurul Azhar Aisyiyah Sumber Malang Situbondo.” Jural Ilmiah Mandala Education (JIME) 9(1):480–89. doi: 10.58258/jime.v9i1.4637/http.

Roeyana, Ita. 2017. “Peningkatan Motorik Kasar Melalui Senam Irama Bagi Anak Usia 4-5 Tahun.” Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education 2(2):139–46.

Siti, Badriah, Nirmala Ine, and putri feronika Eka. 2020. “Penerapan Senam Irama Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Anak 4-5 Tahun Di TKQ Tamrinusshibyan.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 16(1):391–99.

Sari, Dini P Daeng. 2012. Metode Mengajar Di Pendidikan Anak Usia Dini (BagianII). Depok: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat

Jenderal PendidikanTinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.

Sholihah Wardatus. 2020 “Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Mulalui Kegiatan Senam Irama Pada Kelompok B Di Tk Al- Hidayah 85 Ambulu Jember”. Jurnal ofEarly. Vol, 4 No. 1-8.

Aprialdi, and Hanif Badri. 2019. “Persepsi Ibu PKK Terhadap Senam Jantung Di Kecamatan Kota Pariaman.” Jurnal Stamina 2(1):126–32.

Timansah, Angger, and Arifah Nurhadiyati. 2023. “Pengaruh Permainan Edukatif Di Luar Kelas Pada Motorik Kasar Siswa Autis Di TK Inklusi.” 05(02):5279– 88.

Ulfah, Amira Adlina, Dimyati Dimyati, and A. Joki Armaini Putra. 2021. “Analisis Penerapan Senam Irama Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2):1844–52. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.99

Yanuarita, Farah, and Evia Darmawani. 2023. “Kegiatan Bernyanyi Di Depan Kelas Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B ( 5-6 Tahun ) Di TK Aisiyah 2 Palembang.” 05(03):6414–21.

Zulfitri Yanti. 2022 “Upaya Meningkatkan Perkembangan Anak Melalui Kegiata Senam Irama Dan Perlombaan Di MDTS Al-Munawwarah Desa Gunung Tinggi”. Jurnal:Raudhah. Vol, 1 No, 10.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD

Sisdiknas, Undang-undang No.20 Tahun 2016.

Downloads

Published

2025-03-11

How to Cite

Lubis, A. R., Sitorus, M., & Basri, M. (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI SENAM IRAMA DI PAUD AN-NURA PANYABUNGAN BARAT KABUPATEN MANDAILING NATAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 3304–3314. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.43453

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)